Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Potret Kehidupan Anak Desa

Potret kehidupan anak desa dan kegiatan sehari hari masyarakat desa ini selalu meninggalkan banyak kenangan yang akan membawa Anda pada nostalgia masa lalu.

Inilah beberapa foto terbaik yang telah kami pilih dari aktifitas di kampung kami tercinta.

1. Potret kehidupan anak desa di sawah

Potret kehidupan anak desa di sawah

Bagi anak-anak di kampung, bermain di sawah merupakan kegiatan yang sangat menyenangkan.

Bahkan mereka dengan semangat membantu mengurus dan merawat tanaman orang tua mereka. Baik itu padi maupun palawija seperti jagung, kacang kedelai, kacang tanah dan lain sebagainya.

2. Potret kegiatan anak desa sedang mengikuti lomba futsal 

Potret kegiatan anak desa sedang mengikuti lomba futsal

Bermain bola merupakan salah satu kebahagiaan yang masih menjadi rutinitas bagi anak-anak di desa.

Hampir setiap sore mereka berkumpul bukan hanya dilapangan bola saja, tapi juga di beberapa lokasi yang bisa dijadikan sebagai arena bermain.

3. Foto kehidupan anak desa menyambut HUT RI

Foto kehidupan anak desa

Perayaan hari ulang tahun kemerdekaan Republik Indonesia atau yang biasa dikenal dengan tujuh belasan/agustusan merupakan momen spesial bagi kebanyakan masyarakat yang tinggal di pedesaan.

Hampir setiap RW/Dusun maupun tingkat RT, semua warga sangat antusias menyambut momen tersebut. Mulai dari usia yang tua, remaja dan anak-anak saling ber uforia mengikuti rangkaian lomba Agustusan yang ada.

4. Antusiasme anak di desa mengikuti lomba mewarnai


Foto anak di desa mengikuti lomba mewarnai

Kegiatan mewarnai bagi anak-anak yang tinggal di pedesaan masih menjadi magnet yang cukup diminati. Ini terbukti dari antusiasme warga masyarakat yang membawa anak mereka untuk mengikuti setiap lomba yang ada.

5. Potret keseharian anak di desa saat memancing di kolam


potret kehidupan anak kampung

Memancing bukan hanya di sukai oleh mereka yang sudah remaja atau dwasa. Tapi juga bagi kebanyakan anak di desa merupakan rutinitas sehari-hari untuk bermain atau hanya sekedar untuk mengisi waktu luang. 

Apalagi, rata-rata di kampung kami kebanyakan warga memiliki kolam ikan dibelakang rumah mereka. Jadi, aktifitas memancing bisa dijadikan sebagai hiburan setiap saat secara gratis.

6. Potret kegiatan anak sekolah di desa berlatih bela diri


Foto anak desa berlatih bela diri
Image by SDMT Sendangagung

Berlatih bela diri sejak dini sangat penting di ajarkan agar mereka mampu mawas diri dan minimal belajar melindungi diri mereka sendiri. Inilah yang telah diterapkan oleh salah satu Sekolah unggulan SD Muhammadiyah Terpadu Sendang Agung Lampung Tengah.

Meski lokasi sekolah berada di pedesaan yang jauh dari hiruk pikuk perkotaan, siswa-siswi tetap bersemangat untuk belajar dan mengikuti setiap ekstrakurikuler yang ada. Tak jarang, mereka juga memanfaatkan lingkungan sekitar sekolah yang masih asri dan segar untuk kegiatan outbond.

7. Santri pondok MBS Darut Taqwa Sendang Agung sedang mengikuti lomba sepak bola sarung


potret anak anak di desa


Kegiatan santri Pondok Pesantren Darut Taqwa Muhammadiyah Boarding School (MBS DATA) Sendang Agung saat mengadakan lomba sepak bola menggunakan sarung.

Mereka tampak antusias mengikuti rangkaian lomba yang telah menjadi agenda rutin tahunan. Nuansa suasana pedesaan yang masih melekat, menjadi momen yang akan menjadi kenangan tak terlupakan bagi mereka di masa yang akan datang.

8. Potert kegiatan anak sekolah di desa saat mengikuti Upacara Bendera


Potret Kegiatan Anak Desa

Upacara bendera hari ulang tahun kemerdekaan Republik Indonesia merupakan rutinitas setiap tahun di kampung kami. Kegiatan ini wajib dilakukan oleh sekolah-sekolah, mulai dari tingkat SD, SMP hingga SMA.

Namun setelah adanya pandemi, suasana itu hanya tinggal kenangan yang hanya bisa di pandang melalui foto masa lalu. Semoga keadaan ini lekas membaik sehingga kita bisa kembali merasakan aktifitas di luar tanpa harus di bayangi hal-hal yang menakutkan.

9. Potret remaja di desa sedang berlatih bola voli


Potret anak kampung bermain bola voli

Meski teknologi saat ini khususnya perkembangan gadget yang semakin canggih, namun di desa kami masih ada para remaja yang mau melakukan aktifitas fisik/olahraga.

Sedangkan di luar sana, kebanyakan anak sekolah sudah sangat jarang mau berolahraga. Hampir rata-rata suka menghabiskan waktu dengan game online mereka. 

10. Potret anak desa ditengah sawah yang cerah


Potret anak desa ditengah sawah yang cerah


Padi yang hijau di tengah sawah, menjadi pemandangan yang cukup mudah di dapatkan ketika di pedesaan. Suasana alam ini menjadi daya tarik tersendiri bagi mereka yang rindu dengan kampung halamannya. 

11. Potret kegiatan masyarakat desa saat pawai budaya


Potret kegiatan masyarakat desa saat pawai budaya


Masih dalam rangka Agustusan, di desa kami mengadakan lomba pawai budaya. Beragam pakaian di kenakan dengan ciri khas masing-masing kelompoknya.

Ada yang memakai kostum petani, superhero dan lain sebagainya. Juara lomba ini dimenangkan oleh mereka yang paling unik, kompak dan mampu menarik perhatian.

12. Kegiatan sehari hari masyarakat desa saat rewang hajatan


Kegiatan sehari hari masyarakat desa rewang hajatan

Salah satu bentuk kebersamaan yang masih terjaga hingga sampai saat ini di desa kami yaitu gotong royong. Jika ada acara pernikahan atau hajatan lain, maka lingkungan tempat tinggal sekitar pasti akan sangat kompak untuk membantu tuan rumah mensukseskan acara tersebut.

Itulah beragam potret kehidupan anak desa maupun kegiatan yang masih dilakukan oleh masyarakat desa dalam kesehariannya hingga sampai saat ini.

Baca juga:

Rio Ve
Rio Ve Ikatlah ilmu dengan menulis

Posting Komentar untuk "Potret Kehidupan Anak Desa"