Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Fakta Psikologi Jika Kita Memikirkan Seseorang

Mungkinkah saat ini kamu sedang kepikiran seseorang secara terus-menerus? Tanpa disadari, ada beberapa fakta psikologi jika kita memikirkan seseorang. Merupakan hal yang wajar bila kamu memikirkan orang lain yang mungkin spesial dalam hidup. Namun, ada kalanya memikirkan seseorang justru membuat perasaan semakin tidak nyaman. 

Biasanya memikirkan seseorang menandakan adanya sesuatu yang tertahan baik dalam pikiran maupun hati. Adanya seseorang yang tersimpan dalam pikiran akan membuat kamu memikirkan dan merenungkannya dengan konstan, obsesif, atau justru berulang. Dan tentu saja ada hal lain yang menyebabkan pikiranmu masih saja mengingat dan memikirkannya.

Fakta Psikologi Jika Kita Memikirkan Seseorang

fakta psikologi jika kita memikirkan seseorang


Semakin kuat ingatan tentang seseorang dalam pikiranmu, maka tak menutup kemungkinan aktivitasmu akan terhambat. Pasalnya, kamu akan lebih sering merenung untuk mengingat berbagai hal tentangnya, mulai dari perilaku buruk maupun perbuatan baik yang pernah dia lakukan. Lantas apa saja fakta di balik pikiranmu yang sering kali memikirkan seseorang?

1. Kamu Mempunyai Perasaan Khusus Kepadanya

Apabila kamu terus-terusan memikirkan seseorang, mungkin kamu sedang mengalami jatuh cinta dan mempunyai perasaan khusus kepadanya. Ketika kamu jarang bertemu dengannya tetapi masih saja sering membayangkan momen spesial yang kalian lalui, ini bisa saja karena kamu merindukannya. 

Ada ikatan emosi dan perasaan di dalam dirimu yang dapat mempengaruhi munculnya bayangan seseorang secara khusus pada benakmu. Tidak ada yang salah dengan hal ini selagi kamu tidak melakukannya secara berlebihan hingga menyebabkan aktivitasmu terbengkalai. 

2. Muncul Kenyamanan

Memikirkan seseorang akan membuat perasaanmu lebih hangat, terutama bila kamu menyukai orang tersebut. Apabila kamu jatuh cinta maka yang kamu rasakan adalah perasaan seperti berbunga-bunga. 

Apabila kamu tertarik pada seseorang dan mulai jatuh cinta padanya, secara alami otak akan melepaskan hormon stres yang dapat menyebabkan munculnya efek pemanasan pada tubuh. Alhasil, tubuhmu akan merasa lebih hangat daripada sebelumnya dan ini membuat kamu merasa lebih nyaman.

Sebaliknya, bila yang kamu pikirkan adalah seseorang yang sudah membuat kamu kecewa, maka kamu akan merasa marah. Reaksi emosi seperti ini umum dialami saat ada suatu hal yang terpendam dalam hati.

3. Ada Sesuatu yang Sedang Terjadi

Ketika tiba-tiba kamu memikirkan seseorang yang mungkin sudah lama tidak bertemu denganmu, tak ada salahnya bila kamu langsung menghubunginya. Tanyakan kabarnya atau bagaimana keadaannya saat ini. 

Karena bisa jadi saat kamu mendadak kepikiran tentang dia, ada sesuatu yang saat itu sedang terjadi padanya. Bisa dibilang ini merupakan kontak batin di antara kalian, baik dengan sahabat, teman, kekasih, atau anggota keluarga. 

Apabila awalnya kamu merasa ragu dan tidak berani untuk menanyakan kabar secara tiba-tiba, maka pikirkanlah dengan teliti mengenai perasaanmu. Apakah yang kamu pikirkan membuat benakmu gelisah dan sedih. 

Jika memang benar, maka sebaiknya kamu tidak membuang waktu untuk mencari tahu faktanya. Apa pun hasilnya nanti, itu akan membuat kamu lebih lega daripada terus memikirkan dia tanpa kejelasan.

4. Hanya Sebuah Fantasi

Saat memikirkan seseorang yang kamu kenal, tetapi kamu juga tahu dia tidak menyukaimu, mungkin ini hanyalah sebuah fantasi. Di mana kamu mulai menciptakan alur cerita dalam pikiranmu sesuai dengan yang kamu harapkan. 

Tanpa disadari hal tersebut dapat membuat kamu merasa senang. Akan tetapi, bila pada kenyataannya semua itu tidak sesuai dengan yang kamu khayalkan, maka besar kemungkinan kamu akan merasa kecewa. 

Karenanya, untuk menghindari hal tersebut sebaiknya kamu tidak bersikap berlebihan apalagi memikirkan orang lain tanpa mempedulikan fakta yang terjadi.

5. Adanya Penolakan

Rasanya akan sulit untuk mengalihkan seseorang dari pikiranmu bila kalian mempunyai konflik tertentu yang belum terselesaikan. Atau mungkin saja kalian mempunyai permasalahan dengan akhir yang tidak membuat kamu merasa puas. 

Adanya kekecewaan dan rasa sakit akan membuat kamu kehilangan kendali dan ingin sekali membalasnya dengan suatu hal yang lebih menyakitkan. Kemungkinan lainnya yakni kamu ingin meluruskan permasalahan tersebut dan membuatnya mengerti bahwa dalam hal ini kamu adalah pihak yang dirugikan. 

Pada saat-saat seperti inilah pikiranmu terus dipenuhi oleh seseorang hingga  membuat dirimu merasa bingung untuk mengatasinya. Semua ini merupakan bentuk penolakan dari dalam dirimu.

Baca juga: Tips menjadi orang yang bodo amat

Mungkin pada awalnya kamu mengelak mengenai beberapa hal tersebut. Akan tetapi, bila direnungkan lagi maka beberapa fakta psikologi jika kita memikirkan seseorang ini memang ada benarnya. Jadi, kamu harus lebih bijak untuk menyikapinya agar tidak merugikan diri sendiri apa pun keadaan yang dialami.

Baca juga:

Rio Ve
Rio Ve Ikatlah ilmu dengan menulis

Posting Komentar untuk "Fakta Psikologi Jika Kita Memikirkan Seseorang"