Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Alasan Wanita Selingkuh Menurut Psikologi

Perselingkuhan bukanlah hal yang dapat dibenarkan karena perilaku ini dapat merugikan orang lain. Tak sedikit sepasang kekasih atau justru yang telah menjadi suami istri memilih mengakhiri hubungan saat mengetahui pasangannya selingkuh. Bahkan alasan wanita selingkuh menurut psikologi pun cukup beragam.

Bagaimana pun komitmen dalam hubungan perlu dijaga dengan baik agar perselingkuhan tidak mudah terjadi. Sebab pada umumnya seseorang yang selingkuh selalu memiliki alasan tersendiri yang mendorong dirinya untuk tetap melakukannya walaupun hal tersebut adalah sebuah kesalahan. 

Karenanya, cukup penting bagi seorang pria untuk mengetahui alasan umum yang menyebabkan wanita melakukan perselingkuhan.

Alasan Wanita Selingkuh Menurut Psikologi

Setiap wanita yang selingkuh memiliki alasan yang berbeda-beda. Namun, mengetahui dia berselingkuh pasti akan membuat kamu merasa marah, kecewa, dan sakit. Oleh sebab itu dengan mengetahui beberapa alasan ini, besar kemungkinan bagimu untuk menghindari beberapa perilaku yang dapat menjadi penyebabnya.

1. Kebutuhan yang Tidak Terpenuhi

alasan wanita selingkuh menurut psikologi

Terkadang kebutuhan yang dimiliki salah satu ataupun kedua pasangan terhadap kewajiban lahir/batin tidak terpenuhi dalam sebuah hubungan. 

Namun, tidak sedikit orang yang berusaha bertahan dalam hubungan tersebut dengan harapan semuanya akan berubah menjadi lebih baik. 

Sayangnya, saat semua yang diharapkan tidak kunjung didapatkan, tak sedikit dari mereka yang merasa frustrasi. 

Akibatnya, salah satu dorongan untuk memenuhi tuntutan tersebut, seseorang memilih untuk mencari orang lain tanpa meninggalkan pasangannya alias selingkuh.

2. Membalas luka yang telah lalu

Alasan Perempuan Selingkuh Menurut Psikologi

Pada sebuah hubungan yang terlanjur ‘rusak’ terkadang keinginan untuk menyakiti pasangan akan semakin kuat. Mungkin pasangan telah berpikir bahwa kamu sudah menduakan cintanya. 

Karenanya dia memilih untuk berselingkuh sebab perselingkuhan melambangkan penderitaan dan juga kebutuhan terhadap sebuah hubungan.

Kemungkinan besar perselingkuhan terjadi karena adanya tekanan ataupun konflik di dalamnya. 

Jadi, perselingkuhan yang dilakukan seorang wanita bisa jadi merupakan bentuk pembalasan untuk tindakan yang kamu lakukan, yang menurutnya itu semua sangat melukai perasaannya.

3. Jatuh Cinta

penyebab wanita selingkuh menurut psikologi

Rasa cinta pada seseorang bisa saja memudar. Saat pertama kali jatuh cinta kepada pasanganmu, pastinya kalian akan saling dimabuk asmara, kegembiraan dan lain sebagainya. Sayangnya, bukan hanya pria yang mudah merasa bosan, wanita juga dapat mengalami hal serupa. 

Sementara itu, intensitas perasaan yang kalian miliki saat awal hubungan tak dapat bertahan selamanya. Meskipun cinta yang setia dan abadi itu ada, tetapi tidak sedikit pula yang jenuh ketika menjalaninya. 

Setelah rasa cinta mulai berkurang, mungkin dia menyadari bahwa cintanya padamu sudah tidak sepenuhnya ada, dan dia juga mulai jatuh cinta pada pria lainnya. Pada akhirnya dia memutuskan untuk selingkuh agar bisa menjaga kebahagiaan dari cinta barunya itu.

4. Merasa Tidak Dihargai

Kenapa wanita selingkuh menurut psikologi

Dalam menjalani sebuah hubungan kamu dan pasangan harus saling menghargai. Itu merupakan fondasi penting yang tak bisa diabaikan. Kamu dan pasangan merupakan sebuah tim yang harus saling menghormati, menghargai, dan membantu. 

Sayangnya, tidak semua pria menjadi peka terhadap berbagai kebutuhan yang dimiliki wanita, termasuk saat mereka ingin dihargai atas setiap tindakan yang dilakukannya. 

Perilaku tidak adil ini ternyata dapat menyebabkan wanita sangat kecewa. Sehingga dia merasa tak dihargai, diabaikan, dan tidak dicintai. 

Alhasil, untuk memenuhi keinginannya itu, dia pun mencari seseorang yang bisa lebih menghargai dan membanggakan apa yang dia lakukan. Dengan begitu keberadaannya akan diakui sehingga dia merasa bahagia.

5. Beberapa Aspek dalam Hubungan Tidak Terpenuhi

Alasan cewek Selingkuh Menurut Psikologi

Sebagian besar orang berselingkuh karena merasa beberapa aspek dalam hubungan asmaranya tidak terpenuhi. Di mana pasangan utamanya tidak bisa mewujudkan setiap ekspektasi yang selama ini telah dibayangkan. 

Tidak terpenuhinya ekspektasi inilah yang akhirnya menjadi dorongan mengapa dia berselingkuh. Sehingga apa yang tidak dapat kamu lakukan dan berikan, dia bisa mendapatkannya dari pasangan selingkuhnya.

Artikel terkait: Fakta psikologi jika kita memikirkan seseorang apakah dia memikirkan kita juga

Demikianlah beberapa alasan wanita selingkuh menurut psikologi yang ternyata masih sering terjadi. Agar hubunganmu terhindar dari perilaku demikian, sebaiknya segeralah komunikasikan dengan pasanganmu apabila ada sesuatu yang mungkin sedang menjadi kegelisahannya.

Baca juga

Rio Ve
Rio Ve Ikatlah ilmu dengan menulis

Posting Komentar untuk "Alasan Wanita Selingkuh Menurut Psikologi"