Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Berapa Lama Blog Bisa Menghasilkan Uang ?

Jika Anda bertanya-tanya, berapa lama blog bisa menghasilkan uang? Anda bukan satu-satunya! Karena memang tak dapat dipungkiri bahwa hal pertama yang difikirkan oleh kebanyakan blogger pemula ketika mereka memulai sebuah blog adalah berapa lama mereka akan mendapatkan uang pertama dari blog mereka.

Kabar baiknya, jika Anda serius dan fokus ingin menjadi blogger sejati, maka Anda dapat menghasilkan uang dari blog yaitu sekitar satu tahun atau bahkan kurang dari itu.

Tapi faktanya, ada banyak blogger berhenti sebelum mereka mulai menghasilkan uang dari blog mereka karena beberapa alasan. Mulai dari tidak sabar hingga beberapa faktor lain diluar ekspektasi mereka.

Lantas, berapa lama blog bisa menghasilkan uang?

berapa lama blog bisa menghasilkan uang

Ada dua faktor utama yang menentukan seberapa cepat Anda dapat menghasilkan uang dari blog, yaitu berapa banyak waktu yang Anda habiskan dan jenis monetisasi blog Anda.

Selain itu, pentingnya konsistensi dan kesabaran juga akan sangat mendukung. Berikut penjelasan selengkapnya.

1. Tergantung seberapa serius Anda ngeblog (Waktu, Modal, Strategi, dll.)

Ngeblog itu butuh modal uang, tenaga, fikiran, waktu serta strategi yang dikemas untuk menjalani aktifitas Anda sebagai blogger.

Berikut beberapa modal dasar (biaya) yang harus Anda keluarkan:
  • Biaya kuota internet
  • Biaya konsumsi minimal buat beli kopi atau gula dan teh atau udud
  • Biaya untuk beli hosting atau domain jika ingin terlihat profesional dengan brand sendiri.
  • Biaya alat (laptop/HP) jika belum punya.
Setelah modal dasar di atas terpenuhi, Anda harus meluangkan waktu setiap hari paling tidak ya untuk membuat artikel dan optimasi blog Anda.

Selain itu, Anda juga butuh strategi agar blog Anda bisa bersaing di mesin pencari atau artikel yang Anda buat bisa berada di halaman 1 google. Karena, hanya dengan itulah pengunjung organik akan datang ke blog Anda.

Atau, jika ingin cara cepat agar blog Anda bisa dikenal orang lain, maka Anda dapat memanfaatkan semua media sosial yang Anda punya. Seperti facebook, whatsapp, instagram, twitter dan sosmed lain yang dapat Anda manfaatkan untuk share link blog Anda.

Dua kualitas terpenting yang dibutuhkan blogger pemula adalah konsistensi dan kesabaran. Anda harus secara konsisten memposting artikel baru idealnya setiap hari atau minimal 3 kali dalam seminggu untuk mulai mendapatkan peringkat di mesin pencari seperti google.

Anda dapat dengan cepat mulai menghasilkan uang pada 1 tahun pertama ngeblog jika Anda memiliki strategi yang solid.

2. Tergantung jenis monetisasi blog Anda

Bagaimana blogger pemula mendapatkan Uang? Cara termudah dan tercepat bagi blogger pemula untuk menghasilkan uang yaitu dengan Google Adsense.

Selain itu, ada beberapa cara monetisasi lain yang dapat Anda gunakan jika blog Anda sudah mempunyai pengunjung yang banyak, misalnya: 

  • Menjual produk melalui blog
  • Content placement 
  • Slot iklan di blog
  • Artikel review
  • Menyediakan jasa kepenulisan artikel atau jasa lainnya
  • Mengikuti lomba blog
  • dan lain-lain

Dari beberapa jenis monetisasi di atas, semuanya dapat optimal apabila blog Anda sudah bisa mendatangkan pengunjung minimal 1000 perhari.

Jika belum, maka akan sangat sulit. Ini dari pengalaman saya pribadi dan beberapa teman sesama blogger ya..

3. Tergantung trafik/pengujung blog

berapa lama blog bisa menghasilkan uang


Meskipun blog Anda sudah berhasil diterima google adsense, tapi jika trafik/pengunjung blog Anda masih sedikit, maka itu akan percuma.

Jadi, tidak ada pilihan terbaik selain berjuang mendapatkan ribuan pengunjung setiap hari ke blog Anda. Entah itu dengan cara organik melalui search engine atau share link melalui media sosial yang ada.

Apabila dengan cara organik, maka setidaknya Anda harus belajar ilmu SEO sebagai dasar untuk mencari trafik dari google.

Tapi jika Anda ingin cara lain, maka berikut ini beberapa ide yang patut untuk di coba:
  • Buat daftar email lalu bagikan link blog Anda di sana
  • Buat halaman facebook khusus tentang blog Anda
  • Bagikan artikel blog Anda kepada teman lewat whatsapp dan sebagainya
  • Bergabung dengan grup atau komunitas online seperti grup fb, telegram atau medsos lain lalu share link blog Anda.

Jika semua cara di atas Anda terapkan, rasanya tidak mustahil untuk mendapatkan ribuan pengunjung ke blog Anda setiap harinya. Sehingga, blog Anda dapat menghasilkan uang seperti apa yang diharapkan.

4. Platform blog juga sangat berpengaruh (Blogspot atau wordpress)

apakah blog wordpress bisa menghasilkan uang


Platform blogspot kebanyakan lebih dipilih oleh blogger pemula. Karena bisa di daftarkan ke adsense meskipun dengan blog gratisan. 

Jika ingin custom domain menggunakan nama brand sendiri, maka tinggal beli domain saja dengan modal sekitar Rp 150 ribuan, sudah dapet (.com)

Tapi, jika ingin terlihat lebih profesional, maka Anda bisa membeli 1 paket (domain dan hosting) sendiri dengan menggunakan platform wordpress, org.

Lantas, apakah hal itu berpengaruh pada penghasilan blog Anda?

Sesuai dari pengalaman saya dan kebanyakan teman blogger, rata-rata blog yang berpenghasilan besar yaitu yang menggunakan domain dan hosting sendiri.

Meski banyak juga yang telah berpenghasilan ratusan juta dari blogspot custom domain atau malah ada juga yang hanya menggunakan blog gratisan seperti blog aina mulyana.

Kesimpulan

Secara umum, menghasilkan uang jutaan rupiah dari blog itu tidak semudah seperti apa yang dibayangkan. Mungkin sulit, tapi bukan berarti mustahil. Karena jutaan blogger di luar sana punya riwayat perjalanannya masing-masing dalam memperjuangkan blog mereka.

Jika Anda memiliki keseriusan untuk menulis/membuat konten artikel dan bersedia meluangkan waktu, tenaga, fikiran dan biaya yang tidak sedikit maka Anda dapat menghasilkan uang dari blog Anda.

Kami berharap artikel ini dapat menjawab pertanyaan Anda tentang berapa lama blog bisa menghasilkan uang dan tips yang kami bagikan pada artikel ini akan membantu Anda menjadi blogger yang berpenghasilan jutaan rupiah dari blog Anda.

Baca juga :

Rio Ve
Rio Ve Ikatlah ilmu dengan menulis

Posting Komentar untuk "Berapa Lama Blog Bisa Menghasilkan Uang ?"