Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membuat Cerita Fantasi Pendek

Kebanyakan dari siswa yang masih duduk di bangku sekolah pasti akan kebingungan bagaimana cara membuat cerita fantasi pendek. Padahal, tidak serumit yang dibayangkan lho.

Untuk itu pada posting kali ini admin akan berbagi secara singkat mengenai cerpen fantasi beserta cara membuatnya agar kamu lebih mudah memahaminya.

Pengertian Cerita Fantasi Pendek

cara membuat cerita fantasi pendek

Cerpen fantasi dapat diartikan sebagai teks cerita berbentuk karangan yang diciptakan berdasarkan kreatifitas dan imajinatif dari penulis yang berisi hal-hal diluar nalar yang tidak ditemui di dunia nyata. Biasanya mengungkapkan misteri, supranational serta bersifat sederhana tetapi memberikan unsur nilai-nilai di dalam karangannya.

Cerita fantasi pendek berbeda dengan novel. Perbedaan nya bisa dilihat dari jumlah kata yang diperoleh. Dalam penulisannya tidak perlu berpuluh halaman. Cukup 500 kata hingga 30.000 kata. Perbedaan lainnya yaitu terdapat di alur ceritanya. Alur pada cerpen fantasi lebih ringkas dibandingkan novel.

Cara Membuat Cerita Fantasi Pendek

Untuk memperoleh cerita fantasi pendek yang bagus perlu mematuhi 6 struktur dalam membuatnya, yang terdiri dari: abstrak, orientasi, komplikasi, evaluasi, resolusi dan koda. Berikut penjelasan selengkapnya.

  • Pada bagian awal, penulis harus mengetahui abstrak sebuah cerpen fantasi yang akan ditulis.

Mungkin bagi yang belum tahu akan kebingungan apa itu abstrak? Abstrak adalah ringkasan dari cerita yang ingin kamu buat yang menjelaskan atau menampilkan alur cerita dari awal hingga akhir cerita.

  • Pada bagian kedua yaitu orientasi.

Orientasi sendiri, sebagai penulis harus memikirkan setting dari cerita yang dibuat. Disini berisi tentang menampilkan tempat, suasana yang ingin kamu gunakan atau menampilkan keterangan waktu.

  • Pada bagian ketiga, yaitu komplikasi. 

Pada sebuah cerita fantasi pendek peran tokoh adalah suatu bagian yang penting. Disini kamu harus membangun karakter atau watak tokoh dan alur cerita. Kamu juga harus menyesuaikan watak tokoh dengan alur ceritanya.

  • Selanjutnya, pada bagian keempat yaitu evaluasi. 

Evaluasi adalah kunci dimana pembaca akan mengerti konflik pada cerita fantasi pendek kamu.

Pada bagian ini kamu sebagai penulis dapat menampilkan konflik-konflik yang harus sesuai dengan alur cerita, yang nantinya terdapat penyelesaian masalah.

  • Selanjutnya, struktur kelima yaitu resolusi. 

Resolusi adalah penyelesaian dari konflik yang dibuat pada penulis. Di bagian ini penulis harus mampu menjawab tanda-tanda atau permasalahan secara tuntas sesuai alur cerita yang sama.

  • Struktur yang terakhir adalah koda. 

Koda adalah akhir penutup dari cerita yang telah dibuat oleh penulis. Pada bagian ini penulis memberi pelajaran atau pesan moral dari cerita fantasi yang telah disusun.

Nilai yang disampaikan bisa secara tersirat maupun disampaikan secara lugas. Semua tergantung kreatifitas dan imajinasi penulis yang memiliki ide cerita dalam fantasinya.

Baca juga : Contoh cerpen tentang keluarga sederhana.

Itulah penjelasan singkat tentang struktur cara membuat cerita fantasi pendek yang bisa kamu pelajari untuk menghasilkan cerpen fantasi yang menarik. Teruslah mencoba dan melatih tulisanmu karena seiring banyaknya tulisan yang kamu hasilkan maka akan tercipta karya yang bagus.

Artikel terkait :

Rio Ve
Rio Ve Ikatlah ilmu dengan menulis

Posting Komentar untuk "Cara Membuat Cerita Fantasi Pendek"