Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Syarat Monetisasi Youtube Shorts 2023

Ada beberapa syarat monetisasi YouTube Shorts 2023 yang harus Anda pahami. Setidaknya, channel Anda harus memenuhi 1000 subscriber dan telah mencapai 4000 jam tayang atau 10 juta view valid dalam 3 bulan terakhir.

Selain itu, channel youtube Anda juga harus memenuhi program kebijakan youtube partner (YPP). Mulai dari membuat konten video yang original atau bebas dari hak cipta serta persyaratan lain.

Agar lebih mudah memahaminya, berikut penjelasan tentang Program Partner YouTube shorts yang telah kami rangkum pada artikel ini. Berikut selengkapnya:

Syarat Monetisasi Youtube Shorts 2023

Syarat Monetisasi Youtube Shorts 2023
source: https://support.google.com/youtube/answer/12475004?hl=id

Mulai pertengahan bulan Januari tahun 2023 mendatang, bagi para kreator baru yang memenuhi syarat dapat bergabung ke Youtube Partner Program (YPP) dengan cara sebagai berikut:

1. 1000 Subscriber dan 4000 Jam tayang atau 1000 Subsriber dan 10 Juta penayangan.

Syarat wajib pertama yang harus terpenuhi pada channel youtube Anda yaitu telah mendapatkan 1.000 subscriber dengan 4.000 jam waktu tonton publik yang valid dalam waktu 12 bulan terakhir.

Atau opsi kedua yaitu channel youtube Anda telah mendapatkan 1.000 subscriber dengan 10 juta penayangan publik yang valid kusus konten video Shorts dalam waktu 90 hari terakhir atau 3 bulan.

2. Video Orisinil dan bebas hak cipta

Syarat kedua yang harus Anda perhatikan dari awal membuat konten yaitu buatlah video orisinil yang bebas dari hak cipta.

Sebaiknya, jangan gunakan music orang lain pada video shorts Anda meskipun itu dari audio library youtube shorts. Karena untuk antisipasi jika sewaktu-waktu video Anda terkena klaim hak cipta karena penggunaan music tersebut.

Jangan sampai video yang Anda buat selama 3 bulan itu sia-sia karena hal sepele terkait penggunaan music. Kecuali jika Anda punya music yang dibuat atau diciptakan sendiri.

3. Jenis konten video yang tidak memenuhi syarat monetisasi youtube

Ada beberapa contoh jenis konten video yang tidak memenuhi syarat monetisasi youtube, antara lain sebagai berikut:
  • Video reupload dari acara TV, film tanpa diedit.
Meskipun Anda merekam acara tv atau film menggunakan hp sendiri dan langsung di upload, maka video Anda tidak akan memenuhi syarat monet. Kecuali jika Anda jago edit dengan menambahkan reaksi atau nilai tambah pada video tersebut.  
  • Mengupload ulang dari channel YouTube lain atau platform lain
Hindari mengambil Video dari channel youtube lain atau media sosial lain seperti tik tok, instagram, snack video dan lainnya tanpa menambahkan konten orisinal.

4. Hindari membuat konten video shorts yang tidak ramah iklan

Agar video yang Anda buat aman dan terhindar hal-hal yang tidak di inginkan suatu saat nanti, sebaiknya hindari jenis konten seperti berikut ini:
  • Konten video ber hak cipta
  • Konten keker4san atau yang mengandung kata-kata tidak sopan
  • Konten khusus d3w4sa
  • Tindakan yang berisiko atau tindakan berbahaya
  • Konten dengan ujaran kebnci4n atau penghinaan
  • Konten yang terkait dengan narkoboy, senpi, tembak4u, kontroversi, isu dan peristiwa sensitif
  • Konten tidak pantas untuk anak-anak dan keluarga, yang memfasilitasi perilaku tidak jujur, hasut dan merend4hkan.
Baca juga : Cara agar video shorts banyak yang nonton.

Itulah ulasan singkat tentang syarat monetisasi YouTube Shorts 2023 yang dapat saya bagikan pada artikel ini. Sebagai sesama youtuber pemula, sebaiknya buatlah karya sendiri sesuai pashion agar skill kita terasah sehingga menjadi identitas channel yang mampu mendatangkan subscriber secara alami.

Rio Ve
Rio Ve Ikatlah ilmu dengan menulis

Posting Komentar untuk "Syarat Monetisasi Youtube Shorts 2023"