Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menghaluskan Suara Mesin Motor Matic

Ada beberapa cara menghaluskan suara mesin motor matic yang terbukti berhasil meskipun usia motor sudah mencapai 6 tahun. Tentu sharing ini sesuai dari pengalaman saya pribadi yang kebetulan dirumah punya beat fi dan karbu.

Mungkin bagi motor matic lain juga tidak jauh berbeda ya. Jadi, pastikan anda membaca artikel ini sampai tuntas agar menemukan apa yang dibutuhkan untuk motor matic anda. Berikut tips memperhalus suara mesin motor matic selengkapnya.

Cara Menghaluskan Suara Mesin Motor Matic

cara menghaluskan suara mesin motor matic

1. Pilih Oli motor yang bikin suara mesin halus

Pemilihan oli yang tepat akan membuat motor matic kita tetap halus meskipun sudah dipakai selama bertahun-tahun. Seperti motor matic honda Beat yang telah saya pakai dan saat ini berumur 6 tahun.

Meskipun motor matic saya usianya sudah agak tua, tapi sampai saat ini suaranya tidak kalah jauh jika dibandingkan dengan motor sejenis yang berusia jauh lebih muda.

Ada beberapa rekomendasi oli motor yang bikin suara mesin halus dan telah saya pakai selama bertahun-tahun, diantaranya adalah oli Enduro matic, oli shell Advance matic, oli AHM matic.

2. Rutin ganti oli setiap 1000 kilo meter.

Dari pengalaman saya pribadi selama 6 tahun menggunakan motor matic Honda Beat, saya selalu rutin melakukan pergantian oli setiap 1000 km. Baik itu oli mesin maupun oli kardan secara bersamaan.
 
Namun cara ini harus tetap diimbangi atau ditunjang dengan pemilihan oli yang bagus seperti yang telah saya sebutkan diatas.

Memang cara ini akan sedikit menambah pengeluaran biaya perawatan motor ya. Tetapi akan sebanding dengan awetnya mesin motor kita. Memang ada harga yang harus dibayar dari setiap kendaraan yang dirawat secara maksimal.

3. Rutin mengganti filter udara.

Selain oli motor, filter udara juga harus diganti secara rutin. Untuk masa pergantian nya harus disesuaikan dengan intensitas pemakaian motor matic anda.

Jika motor dipakai untuk berkendara setiap hari, maka lakukan check up secara berkala. Misalnya setiap satu atau dua bulan sekali. 

Jika kondisi filter udaranya sudah kotor atau penuh dengan Debu, segeralah ganti dengan yang baru. Kalau saya sih, setiap 2 kali ganti oli maka saya juga akan ganti filter udaranya.

4. Gunakan bahan bakar yang tepat dan jangan sampai kehabisan. 

Penggunaan bahan bakar yang tepat juga akan sangat berpengaruh pada suara mesin motor kita. Apabila motor matic anda sudah full injeksi (fi), sebaiknya gunakan pertamax saja. 

Tetapi apabila masih menggunakan motor matic karbu maka pertalite akan lebih cocok. Tentu ini sesuai dengan pengalaman pribadi saya ya. Karena kebetulan saya juga pengguna metik fi dan karbu.

Selain itu, pastikan untuk mengecek kondisi tangki minyak motor Anda setiap kali sebelum menggunakannya untuk bepergian. Jangan sampai kehabisan di jalan karena hal itu akan berdampak pada suara mesin motor di kemudian hari.

5. Tetap gunakan knalpot standar 

Dari pengalaman teman-teman saya yang pernah mencoba mengganti knalpot nya dengan nalpot racing selama beberapa bulan, dan ketika diganti kembali ke yang standar, suara mesinnya langsung berubah. 

Mungkin hal ini disebabkan karena pada saat menggunakan knalpot racing, mereka memainkan gasnya tak beraturan sesuka hati. Sehingga berdampak pada kondisi mesin yang terlalu diforsir atau melebihi dari pemakaian biasa.

Baca juga : Kelebihan dan kekurangan membeli motor bekas di showrum.

Itulah beberapa tips cara menghaluskan suara mesin motor matic sesuai pengalaman pribadi selama 6 tahun. Semoga sharing singkat ini dapat berguna ya sobat. Apabila ada kekeliruan dari tulisan ini, mohon untuk menyampaikannya di kolom komentar agar saya dapat langsung memperbaikinya..Terimakasih..

Artikel terkait :

Rio Ve
Rio Ve Ikatlah ilmu dengan menulis

Posting Komentar untuk "Cara Menghaluskan Suara Mesin Motor Matic"