Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kelebihan dan Kekurangan Beli Motor Bekas Di Showroom

Ada beberapa kelebihan dan kekurangan beli motor bekas di showroom yang perlu diketahui. Hal ini penting agar anda tidak salah pilih sehingga menyesal di kemudian hari.

Di keluarga dan teman-teman saya sendiri banyak yang telah membeli motor bekas (mokas) di showroom dan awet ketika dipakai hingga bertahun-tahun. Tapi dengan catatan showrum tersebut sudah terpercaya dan punya nama ya.

Nah masalahnya tidak semua tempat itu ada showroom motor bekas yang punya kredibilitas baik. Oleh sebab itu, pada artikel ini akan saya bagikan plus minus yang akan kita dapatkan jika memutuskan untuk membeli motor bekas di showrum. Apa sajakah itu? simak selengkapnya di bawah ini.

Kelebihan Beli Motor Bekas Di Showroom

kelebihan dan kekurangan beli motor bekas di showroom

1. Biasanya beli motor bekas di showroom itu ada garansinya.

Apabila anda memang sudah berniat untuk membeli motor bekas di showroom, maka carilah yang ada ada garansinya. Jika di sekitar anda belum ada yang menawarkan terkait garansi tersebut maka cobalah pergi ke daerah pinggiran kota, Kabupaten atau Provinsi.

Jika kendaraan yang mereka jual itu benar-benar bagus, maka biasanya masa garansi yang ditawarkan bisa sampai 1 hingga 2 bulan. Tentu selama waktu tersebut seharusnya lebih dari cukup untuk membuktikan apakah motor bekas yang Anda beli terdapat masalah kerusakan atau tidak.

2. Bisa membeli secara kredit 

Nah, salah satu kelebihan memilih showroom motor bekas bagi yang memiliki dana pas-pasan yaitu bisa membelinya secara kredit atau cash tempo. Meskipun tidak semuanya menawarkan sistem tersebut, tetapi kebanyakan masih banyak dijumpai di showrum mokas saat ini.

Selain itu biasanya di sistem kredit ini ada tambahan asuransi. Entah itu asuransi kecelakaan, kehilangan dan lainnya. Sehingga bisa mengurangi kerugian jika terjadi hal-hal yang tidak di inginkan.

3. Lebih banyak pilihan sesuai budget

Kelebihan lain apabila membeli motor bekas di showroom yaitu kita mempunyai banyak pilihan sesuai budget. Entah itu kondisi motor, warna atau tenaga yang dihasilkan. 

Selain itu, apabila anda memiliki keahlian atau wawasan tentang dunia otomotif, maka anda juga mempunyai kesempatan untuk mendapatkan motor bekas terbaik dari pilihan yang ada tersebut.

4. Cenderung lebih aman jika showroom sudah terkenal reputasinya.

Bagi showroom motor bekas yang sudah terkenal reputasinya dan mempunyai nama baik pasti cenderung akan lebih aman. Apalagi jika kebetulan anda mengenal pemilik dari showroom mokas tersebut.

Jadi, dari sekian kelebihan yang ada tersebut di atas, apakah anda sependapat?

Kekurangan Beli Motor Bekas Di Showroom

Selain daripada kelebihan yang ada, tentu anda juga perlu mengetahui dari sisi kekurangan apabila membeli motor bekas di showroom, antara lain sebagai berikut ini:

1. Harganya relatif lebih mahal 

Biasanya harga motor bekas yang ditawarkan di showroom itu kebanyakan relatif sedikit lebih mahal jika dibandingkan dari pemakai atau pemiliknya langsung.

Hal ini wajar mengingat ada perhitungan seperti sewa tempat, bayar karyawan, atau biaya perawatan lain yang harus ditanggung oleh pemilik atau pengelola showroom.

2. Harus pandai memilih

Apabila anda tidak mempunyai wawasan atau pengetahuan di bidang otomotif, sebaiknya ajaklah mekanik atau bengkel langganan anda ketika hendak membeli motor bekas di showroom.
 
Hal ini dilakukan untuk menghindari adanya kerusakan di bagian mesin atau part lain yang sulit untuk diketahui. Karena biasanya, bagi mekanik yang sudah terbiasa bongkar pasang mesin, akan cepat mendeteksi dari suara motor atau cara-cara lain yang biasa mereka gunakan di bengkelnya.

Baca juga : Waktu ideal servis motor matic.

Itulah beberapa kelebihan dan kekurangan beli motor bekas di showroom yang perlu diketahui agar anda tidak salah pilih. Saran saya, jangan pernah terburu-buru ketika ingin membeli kendaraan. Jika mampu bersabar, maka menabunglah untuk membeli motor baru jika takut salah pilih motor bekas.

Artikel terkait :

Rio Ve
Rio Ve Ikatlah ilmu dengan menulis

Posting Komentar untuk "Kelebihan dan Kekurangan Beli Motor Bekas Di Showroom"