Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Servis Rutin Motor Matic Berapa Bulan Sekali ? Ini Idealnya

Sudah seharusnya bagi setiap pemilik kendaraan untuk mengetahui sebaiknya servis rutin motor matic berapa bulan sekali ?

Hal ini penting untuk diketahui karena awet atau tidaknya motor matic itu sangat tergantung pada cara pemakaian dan perawatannya.

Oleh sebab itu, meskipun tidak harus mengikuti aturan servis motor matic setiap berapa kilometer atau berapa bulan sekali, minimal Anda paham tentang kapan waktu yang tepat. Simak pembahasan lengkapnya dibawah ini.

Servis Rutin Motor Matic Berapa Bulan Sekali ?

servis rutin motor matic berapa bulan sekali

1. Rutin Servis Sesuai Jadwal (Bagi Motor Baru)

Apabila motor Anda masih baru beli keluar dari dealer, sebaiknya ikuti jadwal service yang telah disediakan oleh pihak dealer. Karena biasanya setiap pembelian motor baru akan ada promo atau gratis servis selama beberapa bulan.

Akan tetapi jika motor Anda jarang sekali dipakai atau lebih sering di rumah dan kilometernya masih sangat rendah di bawah 100 km, maka tidak mengapa jika belum ingin menservis nya.

2. Setiap Bulan Sekali jika Pemakaian Setiap hari

Apabila motor Anda dipakai setiap hari dengan intensitas pemakaian jarak jauh, saran saya service lah setiap bulan. Karena menurut pengalaman saya pribadi yang telah memakai motor matic Honda Beat selama 6 tahun, motor akan awet jika selalu dirawat dengan rutin.

Minimal ganti oli setiap bulan jika sudah mencapai 1000 km untuk menjaga mesin tetap halus. Pada bagian atau part lainnya juga perlu dicek untuk melihat kondisi masih layak dipakai atau tidak.

3. Sesuaikan dengan Kondisi Motor Matic Anda

Apabila kondisi motor Anda sudah harus diservis sebaiknya jangan berpatokan pada bulan atau tahun. Karena, seharusnya Anda bisa merasakan apakah motor Anda sudah minta diservis atau belum.

Misalnya, ketika kanvas cakram sudah mulai menipis, maka Jangan Menunggu hingga kampas remnya habis. Karena itu akan sangat membahayakan keselamatan.

4. Jika pemakaian santai minimal setahun sekali

Apabila motor Anda jarang digunakan, misalnya hanya dipakai beberapa kali dalam sebulan maka minimal setahun sekali diservis. Hal ini dilakukan untuk mengecek bagian-bagian yang rawan rusak selama didiamkan di rumah. 

Seperti aki motor atau part lainnya. Mungkin sangat jarang tipikal orang seperti ini kecuali bagi mereka yang mempunyai banyak kendaraan atau orang-orang kaya saja.

5. Apabila ingin Lebih Awet, Sesuaikan dengan Kondisi Motor

Jika anda mempunyai dana lebih maka sebaiknya rutinlah membawa motor Anda ke bengkel langganan yang sudah terpercaya ketika terjadi perasaan tidak nyaman pada saat motor dipakai perjalanan jauh.

Segeralah pastikan langsung diservis untuk mengetahui apa penyebabnya. Jangan sampai, anda tidak bisa merasakan kondisi motor yang Anda gunakan setiap hari hingga terjadi rusak di tengah jalan atau mogok. Semakin rutin Anda service motor maka akan lebih awet untuk dipakai jangka panjang.

Demikianlah beberapa tips ideal untuk servis rutin motor matic yang perlu dilakukan berapa bulan sekali atau sesuai kebutuhan. Jangan sampai hanya karena males mengecek kendaraan Anda hingga mengabaikan keselamatan diri dan keluarga.

Jika memang belum mampu untuk rutin melakukan servis pada motor Anda, maka pertimbangkan melakukan perjalanan jauh jika kondisi motor sedang butuh perawatan. 

Baca Juga :

Rio Ve
Rio Ve Ikatlah ilmu dengan menulis

Posting Komentar untuk "Servis Rutin Motor Matic Berapa Bulan Sekali ? Ini Idealnya"