Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Cerita Non Fiksi Pendek Singkat

Semasa sekolah sering sekali diberikan tugas membuat cerpen non fiksi oleh guru bahasa Indonesia. Tak jarang siswa merasa kebingungan sehingga mencari contoh cerita non fiksi pendek singkat di internet.

Secara umum cerita non fiksi berisi kejadian-kejadian nyata yang sifatnya informatif dan terbagi menjadi berbagai macam genre seperti biografi, Autobiografi, sejarah, dan lainnya.

Pada posting kali ini, admin akan membagikan contoh cerpen tentang sejarah perjalanan kepemimpinan negeri kita tercinta Indonesia yang mempunyai kemiripan dengan sejarah hokage di desa konohagakure. Berikut kisah selengkapnya.

Contoh Cerita Non Fiksi Pendek Singkat

contoh cerita non fiksi pendek singkat

Film animasi Naruto adalah hiburan yang disukai berbagai usia yang berawal dari komik shonen jump yang terbit setiap minggu.

Komik Naruto sendiri terbit dan dicetak oleh PT Elex Media Komputindo yang mendapatkan lisensi secara langsung dari Shone Magazin Japan.

Dalam alur cerita Naruto sendiri terkait sejarah kepemimpinan Konohagakure atau desa tempat tinggal Naruto memiliki banyak kesamaan dengan Pemerintah Indonesia.

Konohagakure mempunyai 7 pemimpin yang disebut dengan hokage. Adapaun hokage pertama yaitu Hashirama Senju yang sering dikaitkan dengan Presiden pertama Indonesia yaitu Bapak Ir Soekarno karena sama-sama menjadi pemimpin dan pendiri Bangsa di Negara masing-masing.

Kemudian, Tobiramu Senju yang merupakan hokage kedua dari Konoha terkenal tegas dan tak pandang bulu. Kedua sifat tersebut juga dimiliki oleh Presiden kedua Indonesia yaitu bapak Soeharto. Dan keduanya sama-sama dijuluki sebagai Bapak pembangunan'

Setelahnya yaitu Hiruzen Sarutobi dan Minato Namikaze yang menjadi pemimpin konoha selanjutnya dan terbilang tidak memiliki masa jabatan yang lama. Tetapi mereka terkenal dengan kejeniusan dan keahilannya dalam mengatasi masalah. Persis seperti Pak Habibie dan Gusdur.

Selanjutnya yaitu Tsunade yang merupakan putri dari Hokage pertama dan satu-satunya wanita yang pernah menjadi seorang hokage di Negara Konohagakure. 

Hal ini memiliki kesamaan seperti ibu Megawati yang merupakan putri dari Presiden pertama Indonesia yang juga merupakan wanita pertama dan satu-satunya yang berhasil menjadi presiden di negara kita tercinta.

Setelahnya yaitu Hatake Kakashi yang menjadi hokage keenam juga memiliki kemiripan dengan Bapak SBY yang sama-sama memiliki beground dari militer.

Kakashi pada awalnya merupakan anggota militer khusus dan biasa disebut pasukan anbu konoha. Seperti Pak Susilo Bambang Yudhoyono yang mengawali karirnya dari dunia kemiliteran.

Terakhir adalah sang pahlawan kita semua yaitu Naruto Uzumaki. Sifatnya yang ulet dan gigih sering di kaitkan dengan gaya kepemimpinan presiden RI saat ini yaitu Bapak Insinyur Joko Widodo. Bahkan Pak Jokowi juga dijuluki sebagai pahlawan oleh masyarakat Papua dan wilayah lain atas dedikasinya yang luar biasa.

Baca juga : Contoh cerpen liburan di pantai.

Itulah contoh cerita non fiksi pendek singkat yang dapat admin bagikan pada posting artikel kali ini. Silahkan gunakan sesuai kebutuhan dan jangan lupa sertakan link dari blog ini jika ingin membagikannya di media sosial yang kamu punya.

Baca juga artikel terkait lainnya:

Rio Ve
Rio Ve Ikatlah ilmu dengan menulis

Posting Komentar untuk "Contoh Cerita Non Fiksi Pendek Singkat"