Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Manfaat Menabung Emas untuk Masa Depan

Ada berbagai manfaat apabila kita menabung emas untuk masa depan. Seperti yang kita tahu bahwa emas merupakan investasi yang telah dipercaya sejak ratusan tahun silam. Hingga saat ini, nilai emas telah naik berkali lipat setiap waktu.

Jika Anda masih ragu untuk menjadikan emas sebagai investasi jangka pendek ataupun jangka panjang, berikut ini merupakan beberapa manfaat menabung emas untuk masa depan.

Apa untungnya menabung emas?


manfaat menabung emas untuk masa depan

1. Harga nya Selalu Naik

Sudah bukan rahasia lagi kalau harga emas selalu naik dari tahun ke tahun. Apalagi, jika kurs Dollar naik maka harga emas biasanya akan langsung mengikuti. 

Contohnya pada saat saya menulis artikel ini, harga emas tembus Rp. 600 ribu lebih per 1 gram nya. Kenaikan harga emas tersebut salah satunya dipicu karena kurs Dollar tembus di angka Rp. 15.000 per Maret 2020. 

Hingga saat saya update artikel ini pada tanggal 19 februari 2022, harga emas kini telah mencapai Rp 872.384/gr. Jadi, dapat Anda lihat sendiri, hanya dalam waktu kurang lebih 2 tahun, nilai emas telah naik sekitar Rp 270.000 /gramnya.

Jika saja saat itu saya telah membeli emas sebanyak 10 gram saja, maka saat ini saya telah mendapat keuntungan sebanyak Rp 2.700.000. Bagaimana, cukup lumayan bukan?

2. Tanpa Banyak Resiko

Berbeda jika kita mempunyai tabungan dalam bentuk uang, akan lebih banyak resikonya, seperti jika digunakan untuk modal berdagang atau jualan yang mempunyai resiko salah satunya yaitu rugi atau terkena pailit.

Kemudian, resiko lainnya jika menabung dalam bentuk uang adalah uang tersebut cenderung lebih sering digunakan untuk kebutuhan sehari - hari.

Karena kita begitu mudahnya dalam mengambilnya, alih-alih mendapat keuntungan, malah tabungan habis karena tak terasa sering digunakan. 

Lain halnya dengan tabungan emas, biasanya akan terpaksa digunakan jika keadaan benar- benar mendesak. Karena kebanyakan orang beranggapan bahwa emas lebih bernilai dibandingkan tabungan lainnya. 

3. Mudah dalam hal penyimpanan

Apabila jumlahnya tidak terlalu banyak kita dapat mudah menyimpannya di dalam rumah. Namun jika jumlahnya cukup banyak, kita juga dapat menyimpannya di bank, pegadaian atau tempat sejenis lainnya. 

Apabila Anda takut menyimpannya di rumah karena harus sering di tinggal, maka Anda bisa memakainya sebagai perhiasan. 

4. Mudah di Jual kembali

Seringkali kami menjual emas di toko yang pernah kami beli. Mereka bersedia menerima barangnya kembali, bahkan dengan harga ter update walaupun nilainya lebih besar di bandingkan ketika mereka menjualnya dulu.

Bisa juga jika Anda ingin menjualnya di toko lain ya. Asalkan surat masih lengkap, seharusnya tidak sulit untuk mencari toko yang bersedia membelinya.

#Apakah emas cocok untuk investasi jangka panjang?

Apakah emas cocok untuk investasi jangka panjang

Dari poin nomor 1 di atas tentang pengalaman saya saat menulis artikel ini hingga update artikel hari ini, nilai/harga emas telah naik dari Rp 600.000 menjadi Rp 872.000 per gramnya selama 2 tahun.

Meskipun harganya fluktuatif, tapi akan selalu naik setiap tahunnya (harga emas berbeda di setiap wilayah). Jadi kesimpulannya, emas sangat cocok untuk investasi jangka panjang.

#Kapan saat yang tepat untuk membeli emas?

Saat yang paling tepat untuk membeli emas adalah saat harga emas sedang turun. Untuk mengetahuinya, Anda bisa mencari informasi terkait harga emas hari ini/terbaru di google atau pada alamat harga-emas.org.

Jika Anda punya kenalan pemilik toko/penjual emas, cobalah meminta nomor kontaknya agar bisa menghubungi mereka sewaktu-waktu. Jadi, Anda bisa mengetahui informasi terupdate.

#Bagaimana Cara Berinvestasi emas Yang Menguntungkan?

Dari pengalaman keluarga kami yang telah berinvestasi emas selama puluhan tahun, kami selalu menyimpan emas di rumah tanpa menggunakan jasa penyimpanan seperti Bank/Pegadaian dan lain sebagainya.

Apabila saat ini Anda mempunyai dana yang cukup besar, cobalah membelinya dalam jumlah banyak saat harga sedang turun. Lalu, silahkan jual beberapa tahun ke depan saat harga sedang naik. 

Tapi jika saat itu belum butuh uang, sebaiknya sih tabung saja hingga beberapa tahun ke depan hingga nilainya naik menjadi berkali lipat.

Kesimpulan

Dari beragam manfaat yang akan kita dapat dari menabung emas untuk masa depan, seharusnya Anda tidak perlu takut meskipun tetap ada resiko yang menyertainya.

Baca juga :
Rio Ve
Rio Ve Ikatlah ilmu dengan menulis

1 komentar untuk "Manfaat Menabung Emas untuk Masa Depan"

  1. Iya gan, tp klo investasi tanah kan gk bisa buat kebutuhan pas mendadak misalnya...

    BalasHapus