Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menabung Untuk Membeli HP Bagi Pelajar

Cara menabung untuk membeli HP bagi pelajar rupanya akan menjadi hal yang menguntungkan untuk kamu ketahui. Di zaman serba digital seperti sekarang ini, kebutuhan akan adanya smartphone pribadi semakin tinggi. Apalagi jika sekolahmu menerapkan Pembelajaran daring.

Terkadang kondisi finansial keluarga yang belum mencukupi membuatmu tak kunjung bisa membeli handphone. Namun, sebenarnya sebagai pelajar kamu bisa memulai langkah-langkah menabung sederhana supaya bisa membeli handphone sendiri dan tidak memberatkan orang tua.

Tips & Trik Cara Menabung untuk Membeli HP Bagi Pelajar

Cara menabung untuk membeli HP bagi pelajar

Bagi pelajar yang belum memiliki penghasilan tetap, ada beberapa cara menabung khusus yang bisa kamu terapkan untuk mencapai target membeli handphone. Untuk mewujudkannya, kamu mungkin membutuhkan waktu dan komitmen yang kuat selama proses menabung. Berikut ini 7 cara menabung yang bisa diterapkan pelajar untuk membeli handphone.

1. Target HP yang ingin dibeli

Langkah pertama yang harus kamu lakukan terlebih dahulu yaitu menentukan jenis Handphone apa yang ingin dibeli. Setelah itu, ukur berapa lama waktu yang akan kamu targetkan untuk mewujudkannya.

Bagi pelajar, saya rasa memiliki HP Samsung sudah lebih dari cukup. Tapi jika kamu menginginkan I phone, maka kamu juga harus lebih bekerja keras lagi dalam menabung. 

Karena untuk harganya sendiri yang terbilang cukup mahal tentu kamu juga akan butuh waktu lebih lama untuk menabungnya.

2. Hindari Keinginan Belanja yang Impulsif

Mengurangi belanja adalah hal termudah yang bisa kamu lakukan untuk menumbuhkan kebiasaan menghemat. Jika biasanya kamu mendapat uang saku Rp 5.000/hari, kamu tidak harus membelanjakannya setiap hari. 

Berhati-hatilah juga akan stimulus belanja yang bisa kamu temukan di media sosial. Diskon dan promo-promo menarik dari toko online seringkali bisa menggoyahkan komitmenmu dalam berhemat. 

3. Jangan terlalu sering jajan diluar

Langkah konkrit lainnya yang bisa kamu praktikkan untuk menghemat adalah dengan mengurangi jajan di luar. Usahakan membawa bekal dari rumah atau mengisi waktu istirahat dengan kegiatan lain, seperti membaca buku di perpustakaan, berjalan-jalan di taman sekolah, dan sebagainya. 

Dengan begitu, kamu tidak harus mengeluarkan terlalu banyak uang untuk konsumsi setiap harinya. Bagaimana, tidak terlalu sulit bukan?  

4. Buat Target Tabungan

Cara cepat menabung untuk beli HP bagi pelajar berikutnya adalah dengan membuat target tabungan. Sebagai pelajar, mungkin kamu belum bisa menabung dalam jumlah banyak di waktu yang singkat. Namun, kamu bisa mewujudkan target tabunganmu tepat waktu jika mempertahankan konsistensi. 

Kamu bisa membuat target yang periodik, spesifik, dan realistis. Contohnya Rp 40.000/minggu atau Rp 5.000/hari. Sesuaikan dengan jumlah uang saku dan kebutuhan belanja yang memang kamu perlukan. 

5. Kurangi Pengeluaran untuk Buku Pelajaran

Buku pelajaran merupakan kebutuhan yang tak dapat dinomorduakan bagi siswa. Andaikan sekolahmu menyediakan pinjaman buku perpustakaan secara gratis pun, tak dapat dipungkiri terkadang kamu membutuhkan berbagai biaya lain untuk buku ajar tambahan, bahan praktik, properti kegiatan belajar, dan sebagainya. 

Jika ingin memulai kiat menabung untuk membeli HP, kamu harus mulai mengurangi pengeluaran buku pelajaran. Kamu bisa membeli buku bekas, mengunduh file PDF buku pendukung yang kamu butuhkan secara gratis, atau meminjam buku dari kakak kelas. 

Biaya peluang yang tidak kamu gunakan untuk membeli buku itu bisa menjadi pengisi tabungan. 

6. Coba Peluang Berjualan kecil-kecilan

Cara menabung cepat untuk membeli HP selanjutnya yang juga bisa dilakukan oleh pelajar SD yaitu mencoba berdagang atau berjualan. Cobalah dimulai dari teman sekelasmu sendiri.

Cari tahu apa yang mereka butuhkan atau inginkan sehingga produk yang akan kamu jual nantinya bisa memberi solusi bagi problem yang tengah mereka hadapi.

Contoh barang yang simpel dan bisa kamu jual sebagai pelajar antara lain, alat tulis, stiker, poster, buku, aksesoris kecil, hingga catatan pelajaran.

7. Mencatat Pemasukan dan Pengeluaran

Pencatatan adalah kegiatan terpenting dalam proses menabungmu. Dengan mencatat setiap belanja dan pemasukan yang telah terjadi, kamu bisa melacak dan mengontrol histori keuanganmu dengan baik. 

Pencatatan ini bisa mencegah terjadinya pengeluaran berlebih, jadi kondisi keuanganmu bisa tetap stabil.

Kesimpulan

Beberapa cara menabung untuk membeli HP bagi pelajar yang telah kita bahas di atas, manakah yang paling mudah kamu terapkan?

Jika memungkinkan, kamu juga dapat menggabungkan beberapa cara sekaligus dan mencari pemasukan dari berbagai sumber supaya target tabungan lekas tercapai. Selamat mencoba, semoga kamu tidak kendor sampai impianmu terwujud ya.

Baca juga:

Rio Ve
Rio Ve Ikatlah ilmu dengan menulis

Posting Komentar untuk "Cara Menabung Untuk Membeli HP Bagi Pelajar"