Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa yang Harus Dilakukan Blogger Pemula? Ini Langkah-langkahnya

Sharing flashback waktu awal ngeblog dulu, saya sangat bingung dan seringkali bertanya, apa yang harus dilakukan blogger pemula ya..

Saat itu saya hanya bisa belajar secara otodidak tanya sana sini di grup/komunitas blogger fb, wa dan browsing di google. Tak lain dan tak bukan yaitu hanya untuk belajar harus mulai darimana saya belajar blogging.

Seingetku, perjalanan pencarian ilmu blogging dan SEO blog saya saat itu butuh waktu sekitar 1 tahun hanya untuk belajar dasar-dasarnya saja. 

Ya, hanya ilmu DASAR yang saya dapatkan saat itu.

Karena setahun pertama waktu habis hanya untuk kegiatan tersebut, maka saya sama sekali nggak ada penghasilan dari blog. Hanya bisa sampai tahap diterima google adsense. Itupun senangnya bukan main, karena harus melewati beberapa kali penolakan sebelumnya.

Singkat cerita, saya memberanikan diri untuk ikut kelas blog premium yang isinya tentang SEO blog dan adsense. Dari situlah akhirnya awal pemahaman saya bisa lebih mudah dalam arah ke depan, khususnya dalam produksi konten artikel SEO.

Untuk lebih jelasnya, berikut tutorial singkatnya.

Yang harus dilakukan blogger pemula adalah sebagai berikut:

Apa yang Harus Dilakukan Blogger Pemula

1. Menentukan tujuan ngeblog

Sebenarnya apa sih tujuan kamu ngeblog? Apakah kamu yakin ingin serius terjun menjadi blogger yang bisa menghasilkan uang?

Atau hanya ikut-ikutan dan coba-coba aja?
Apakah kamu tau kalo mendapat penghasilan dari blog itu bukan perkara yang mudah?

Sebagai gambaran, jika memang kamu ingin menjadikan blog sebagai pasive income atau pekerjaan utama, maka kamu harus mampu membuat blogmu di kunjungi minimal seribu orang setiap hari.

Untuk mendapatkan pengunjung tersebut tentu bukan perkara yang mudah. Ada banyak tahapan yang musti dilalui. Dari mulai membuat artikel yang mampu mendatangkan pengunjung hingga memonetisasi blog tersebut agar berpenghasilan.

Jika memang kamu serius ingin menjadikan blog agar bisa menghasilkan uang, maka perhatikan baik baik langkah berikutnya!

2. Menentukan niche atau topik blog

Setelah yakin dengan tujuan kamu ngeblog, langkah selanjutnya yaitu menentukan niche/topik apa yang akan di bahas pada blogmu.

Misalnya, jika kamu masih sekolah atau kuliah, maka kamu bisa mengisi blog kamu dengan artikel yang membahas tentang pengalaman atau tips seputar dunia pendidikan.

Atau, jika kamu punya hobi olahraga, masak, kesenian, travelling dan lain-lain, maka kamu juga bisa menjadikannya sebagai artikel untuk postingan blogmu.

3. Memilih nama domain yang tepat

Setelah kamu yakin dengan topik apa yang akan di bahas di blogmu, langkah selanjutnya yaitu memilih nama domain yang tepat.

Misalnya, kamu ingin membahas tentang masakan, maka kamu bisa memilih nama seperti resepenak .com. Begitu juga dengan pembahasan lain, usahakan ada nama yang menggambarkan isi blog kamu pada nama domain yang kamu pilih.

Jika bingung, kamu juga bisa menjadikan nama sendiri seperti pada blog ini. Sebaiknya, gunakan ekstensi domain .com saja ya.

Alasannya, karena sudah familiar dan lebih mudah untuk kedepannya. Kalo blog ini dulu pake web.id sih karena saat itu saya suka aja. Berhubung udah kadung ya, teruskan saja.

4. Mengatur template blog

Pengaturan template atau tema pada blog sebaiknya dilakukan di awal. Agar lebih cepat dalam pengaturan menu, widget, tampilan dan lain sebagainya, saya sarankan untuk membeli template premium yang sudah dirancang sedemikian rupa. 

Alasannya karena sudah dilengkapi dengan optimasi SEO dan tampilan yang menarik. Sehingga, kamu akan lebih hemat waktu.

Ada banyak pilihan template blogger premium yang cukup familiar dan bagus. Rekomendasi dari saya antara lain, linkmags buatan mas Sugeng atau kompifleksibel buatan mas Adi kompi ajaib.

Atau jika kamu punya pandangan lain silahkan saja pilih sesuai selera masing-masing. Yang penting, pilih 1 yang menurutmu terbaik dan usahakan jangan gonta-ganti template karena hal itu kurang bagus untuk SEO blog ke depannya.

5. Belajar kepenulisan artikel SEO

Langkah yang harus dilakukan selanjutnya yaitu belajar menulis artikel SEO. Bagi blogger pemula ini wajib dilakukan jika ingin serius menghasilkan uang dari blog.

Agar lebih cepat, cobalah banyak membaca artikel yang sudah ada di halaman 1 google. Pahami tentang struktur penulisannya. Mulai dari peletakan kata kunci (keyword) di url, judul, awal paragraf, sub judul, isi dan penutup artikel.

Jika kamu serius, pasti bisa kok. Apalagi, sudah ada banyak panduan yang dibuat oleh blogger senior seperti blog panduanim, vatih.com, irvantaufik.me dan masih banyak lagi. Silahkan pelajari ilmu daging yang udah dibagi gratis disana.

6. Produksi konten dari yang paling dikuasai atau disukai

Sembari belajar menulis artikel SEO, sebaiknya langsung di iringi dengan praktek. Jika belum bisa menulis artikel setiap hari, maksimal ya 3 hari sekali tidak mengapa asalkan bisa rutin.

Karena, produksi konten merupakan sumber penghasilan dari blog. Gimana mau menghasilkan jika blog kamu minim konten coba?

Ya... Minimal punya artikel 100 lah. Jika dari setiap artikelnya bisa menyumbang 1 pengunjung saja setiap hari, maka sudah bisa dihitung berapa pengunjung perharinya.

Agar bisa menulis artikel dalam jumlah banyak, cobalah menulis dari topik yang paling dikuasai atau paling dikuasai. Karena, itu modal penting agar kamu terhindar dari rasa bosan.

7. Memasang target agar bisa konsisten

Salah satu hal yang paling sulit dilakukan oleh blogger pemula yaitu konsisten. Saya sendiri sampai sekarang belum bisa menulis setiap hari.

Ada banyak alasan dan hambatan karena basic saya memang bukan full time blogger, jadi ya belum bisa maksimal. Menulis artikel saja hanya bisa dilakukan di sela-sela waktu setelah pulang kerja dan malam hari sebelum tidur.

Bagi kamu yang punya banyak waktu, saran saya sih menulislah setiap hari agar blog cepat berkembang dan dapat segera menghasilkan.

Kesimpulan

Langkah-langkah apa yang harus dilakukan blogger pemula di atas merupakan tips dari saya pribadi berdasarkan pengalaman ngeblog selama ini. Selebihnya, silahkan lakukan sesuai passionmu sendiri gimana nyamannya.

Artikel terkait:
Rio Ve
Rio Ve Ikatlah ilmu dengan menulis

Posting Komentar untuk "Apa yang Harus Dilakukan Blogger Pemula? Ini Langkah-langkahnya"