Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mencuci Baju dengan Tangan Cepat dan Bersih

Pada kesempatan kali ini, kami akan berbagi tips bagaimana cara mencuci baju dengan tangan secara cepat dan bersih agar wangi dan tidak capek.

Tak dapat dipungkiri bahwa mencuci pakaian dengan tangan saat ini masih menjadi pilihan bagi kebanyakan orang terutama masyarakat tradisional. Dengan modal seadanya yaitu air, sikat, sabun/deterjen, maka hasilnya tak kalah jauh dengan cucian laundry.

Langkah - langkah cara mencuci baju dengan tangan cepat dan bersih

cara mencuci baju dengan tangan cepat dan bersih


1. Rendam baju dengan air deterjen terlebih dahulu

Merendam pakaian sebelum di cuci terbukti dapat mempermudah kotoran membandel ketika di bersihkan. Terutama jika kita menggunakan tangan, baik itu dengan dikucek maupun disikat.

Sedangkan fungsi dari merendam dengan deterjen adalah agar kotoran lebih mudah rontok sehingga proses mencuci akan lebih cepat dan efisien.

Sebaiknya, sesuaikan takaran deterjen dengan kondisi pakaian yang akan di cuci. Jika baju Anda mudah luntur, maka gunakan detergent secukupnya saja dan jangan terlalu lama. Misalnya, 10 menit atau 15 menit sesuai kondisi seberapa kotor juga baju tersebut.

2. Pisahkan baju berwarna gelap dan terang

Apabila ada baju yang berwarna putih, sebaiknya di pisah dengan warna lain mulai dari proses perendaman. Hal ini bertujuan agar terhindar dari noda luntur karena warna pakaian lain sehingga proses mencuci tidak terhambat.

Biasanya, baju berwarna putih akan lebih lama membersihkannya apabila terkena noda membandel. Sebaliknya, baju berwarna hitam atau gelap akan lebih cepat.

Namun apabila cara ini tidak berpengaruh bagi Anda maka abaikan saja. Pilih cara mana yang Anda anggap lebih mudah, efisien atau sesuai kebiasaan Anda yang mungkin lebih disukai.

3. Bilas dengan 2 ember besar/Bak terpisah

Setelah baju Anda selesai di sikat atau dikucek, segera bilas dengan air bersih terpisah. Jika kebetulan persediaan air dirumah Anda melimpah, maka gunakan 2 wadah isi air bersih berbeda.

Cara ini digunakan agar cucian baju Anda lebih cepat dan bersih. Namun apabila persediaan air terbatas, maka tinggal kurangi porsi air pada tiap-tiap wadah tersebut.

#Cara mencuci baju dengan tangan agar wangi

  • Gunakan air bersih yang bebas dari zat besi, nieng atau yang mengandung bau lainnya.
  • Gunakan pewangi pakaian yang berkualitas. Jika memungkinkan, pakai pewangi khusus yang digunakan di tempat jasa laundry.
  • Hindari mencuci ketika mendung atau hujan. Karena, jika baju Anda tidak terkena sinar matahari, bisa menyebabkan bau apek.
  • Pisahkan baju Anda dari pakaian lain yang bahannya tidak sedap.

#Tips cara mencuci baju agar tidak capek

  • Jangan menunggu hingga pakaian menumpuk baru dicuci.
  • Usahakan mencuci pakaian setiap hari agar terbiasa.
  • Gunakan mesin cuci sekali kering apabila Anda mampu membelinya.
  • Pisahkan baju dengan celana atau pakaian lain.

Penutup

Dari beberapa cara mencuci baju dengan tangan secara cepat dan bersih di atas, semoga dapat menjadi referensi yang Anda butuhkan. Apabila tulisan ini bermanfaat, jangan ragu untuk membagikannya di media sosial yang Anda punya.

Baca juga:
Rio Ve
Rio Ve Ikatlah ilmu dengan menulis

Posting Komentar untuk "Cara Mencuci Baju dengan Tangan Cepat dan Bersih"