Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mencuci Pakaian di Mesin Cuci Agar Tidak Rusak

Ada beberapa cara mencuci pakaian di mesin cuci agar tidak rusak. Mulai dari penggunaan air, deterjen yang tepat serta hal-hal lain yang perlu di perhatikan.

Oleh sebab itu, pada posting kali ini akan kita bahas bagaimana cara mencuci pakaian di mesin cuci yang benar agar bersih dan tidak cepat rusak, berikut selengkapnya.

Cara mencuci pakaian di mesin cuci agar tidak rusak
image by pixabay.com

Berikut tips cara mencuci pakaian di mesin cuci agar tidak rusak

1. Perhatikan kualitas air yang digunakan

Air merupakan salah satu komponen utama dalam mencuci. Lantas, bagaimana dan seperti apakah kualitas air yang dapat digunakan untuk mencuci pakaian?

Tentu jawabannya adalah air yang bersih, tidak berwarna, tidak keruh, tidak mengandung debu, tanah, pasir serta tidak tercemar segala macam virus seperti bakteri dan sejenisnya.

Di sisi lain, air yang bersih tentu menjadi syarat agar pakaian bisa digunakan (suci) ketika dipakai untuk beribadah.

2. Memisahkan jenis pakaian

Agar pakaian Anda tidak cepat rusak, sebaiknya hindari mencampur pakaian yang mudah luntur. Jika ada pakaian yang sebelumnya luntur ketika dicuci, maka pisahkan dengan pakaian lainnya.

Misalnya, pisahkan pakaian yang berwarna putih dengan warna biru atau warna lain yang berpotensi melunturi yg putih. Biasanya ini sering terjadi pada pakaian yang baru di beli dengan harga menengah ke bawah.

Namun apabila Anda yakin jika pakaian tersebut aman, maka itu bukanlah sebuah masalah.

3. Gunakan sabun/deterjen yang tepat

Sebaiknya, hindari terlalu banyak menggunakan detergent pada saat mencuci pakaian. Karena, jika terlalu banyak maka akan menyebabkan pakaian cepat luntur, mudah robek dan pada akhirnya gampang rusak.

Apabila Anda ingin mengetesnya, silahkan taruh deterjen di tangan terlebih dahulu. Jika tangan Anda panas, maka itu bisa menjadi bahan pertimbangan apakah pilihan Anda tepat atau tidak.

4. Perhatikan kapasitas mesin cuci Anda

Agar mesin cuci Anda awet, sebaiknya masukan pakaian sesuai kapasitas mesin cuci. Apabila cucian Anda banyak, sesuaikan dengan kebutuhan mana yang lebih harus di dahulukan.

Karena, apabila Anda memaksa, hal itu malah akan membuat mesin cuci cepat rusak dan pakaian yang dicuci pun tidak akan bersih secara maksimal.

5. Keringkan pakaian dengan benar

Apabila Anda menggunakan mesin cuci yang otomatis bisa kering sekali nyuci, sebaiknya perhatikan panas matahari di hari itu. Jangan sampai terlalu lama menjemur pakaian Anda di bawah terik matahari yang teramat panas.

Mungkin jika sekali dua kali itu tidak langsung luntur warnanya. Tapi jika sudah berulang kali, maka hal itu bisa menyebabkan warna pakaian Anda kusam. 

Penutup

Itulah beberapa tips cara mencuci pakaian di mesin cuci agar tidak cepat rusak sesuai dari pengalaman kami. Semoga dapat berguna dan membantu Anda ya...

Baca juga:

Rio Ve
Rio Ve Ikatlah ilmu dengan menulis

Posting Komentar untuk "Cara Mencuci Pakaian di Mesin Cuci Agar Tidak Rusak"