Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Merawat HP Samsung Agar Tidak Cepat Rusak

Cara merawat hp samsung agar awet dan tidak cepat rusak sebenarnya cukup mudah. Kita hanya perlu melakukan beberapa langkah sederhana secara konsisten. Mulai dari penggunaan yang benar serta perawatan lainnya.

Oleh sebab itu, pada artikel ini saya hanya akan sharing sesuai dari pengalaman telah menggunakan hp samsung saya lebih dari 2 tahun dan masih awet. Berikut selengkapnya.

Berikut cara merawat HP Samsung agar tidak cepat rusak

1. Perawatan baterai HP

cara merawat HP Samsung agar tidak cepat rusak


Perawatan baterai pada hp biasanya kurang diperhatikan oleh para pengguna smartphone saat ini. Akibatnya, seringkali terjadi kerusakan. Mulai dari baterai hp nya cepat ngedrop, menggelembung dan sebagainya.

Kebetulan saat ini saya mempunyai hp samsung tipe Galaxy A50s dengan kapasitas baterai 4000 mAh. Pada saat baru beli dari awal pemakaian hingga sampai saat ini, baterai hp saya bisa bertahan lebih dari setengah hari penggunaan ringan non stop.

Hanya saja, saya tidak menggunakannya untuk bermain game. Cuma dipakai untuk tik tokan, fb, wa, youtube dan aplikasi media sosial lainnya. Bisa dikatakan cukup hemat baterai.

Berikut akan langsung saya bagikan tips pemakaian baterai saya melalui tanya jawab dari beberapa pertanyaan yang sudah saya rangkum di bawah ini:
  • Kenapa baterai HP cepat habis padahal masih baru?
Apabila baterai Anda cepat habis padahal kondisi masih baru, biasanya ada kesalahan yang pernah Anda lakukan sebelumnya. Misalnya, baterai pernah ngedrop hingga hp Anda mati total. Tentu hal ini menjadi salah satu penyebab utama baterai cepat rusak.

Meskipun hp Anda masih baru tapi jika pemakaiannya asal-asalan seperti yang telah saya jelaskan di atas, maka kebiasaan tersebut bukan hanya akan merusak baterai saja tapi akan berdampak buruk pada hp Anda secara keseluruhan.
  • Apa yang tidak boleh dilakukan saat mengecas HP?
Idealnya, bagi hp yang masih baru, baterai akan penuh jika di cas selama 2 jam. Jangan pernah mengecas hp selama semalam penuh karena bisa berakibat fatal sehingga akan membuat baterai hp Anda rusak dalam waktu dekat.

Jika tidak dalam kondisi mendesak, sebaiknya matikan hp saat sedang di cas. Hindari mengecas hp sambil main game atau live streaming karena akan membuat baterai menjadi cepat panas.
  • Berapa persen baterai hp samsung harus di -charge?
Biasanya saat kondisi baterai hp samsung saya sudah 10 persen, maka akan langsung saya charge. Jika memang terpaksa pada kondisi tertentu maka batas minimalnya adalah 5 persen harus sudah di matikan.

Jangan sampai ngedrop ya, karena itu akan memperpendek masa pakai baterai hp Anda. Ini berlaku untuk perawatan baterai HP Tanam maupun tipe biasa. Terus, jangan suka pinjem charger punya orang lain, apalagi jika tipe hp nya berbeda ya. Karena itu bisa menyebabkan smartphone Anda rusak dalam waktu cepat.

2. Perawatan layar dan bodi hp

Perawatan layar dan bodi hp samsung


Perawatan body hp terkadang tidak begitu diperhatikan. Apalagi bagi pengguna smartphone yang suka pamer merk smartphone nya. Karena, brand samsung tentu cukup punya nama di Indonesia dan masih cukup pantas untuk gaya gaya an.

Sehingga, kebanyakan mereka yang ingin pamer, lebih memilih menggunakan hp nya tanpa casing agar merk nya bisa di lihat oleh orang lain. Akibatnya, body hp sering baret dan rawan rusak jika terjatuh karena tanpa pelindung.

Jadi, jika Anda ingin hp samsung Anda tidak mudah rusak, sebaiknya gunakan pelindung layar dan casing agar melindungi body hp secara keseluruhan.

3. Perawatan mesin smartphone

Cara Merawat HP Samsung Agar awet


Kondisi mesin hp Anda juga harus selalu diperhatikan. Mulai dari penggunaan aplikasi apa saja yang di instal, hingga menggunakan kapasitas ruang penyimpanan sebijak mungkin.

Sebaiknya, gunakan aplikasi yang benar-benar hanya Anda butuhkan saja. Jangan pasang aplikasi yang tidak penting karena itu akan membuat smartphone Anda bekerja lebih keras.

Selain itu, jika Anda ingin menyimpan file, gambar atau video, sebaiknya gunakan penyimpanan tambahan (memori eksternal) agar lebih mudah kedepannya.

Hal penting lain, manfaatkan alat perawatan yang biasanya sudah tersedia di masing-masing smartphone Anda. Gunakan secara berkala agar bersih dari file sampah atau untuk mendeteksi seberapa baik kondisi internal hp Anda.

Penutup

Itulah beberapa tips cara merawat hp samsung agar tidak cepat rusak dan terbukti hp saya masih awet hingga bertahun-tahun. Kondisi baterai masih normal, layar masih mulus meski sempat beberapa kali jatuh.

Baca juga:
Rio Ve
Rio Ve Ikatlah ilmu dengan menulis

Posting Komentar untuk "Cara Merawat HP Samsung Agar Tidak Cepat Rusak"