Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menjadi Remaja Muslimah yang Baik dan Istiqomah

Kali ini kita mau bahas tips dan trik bagaimana cara menjadi remaja muslimah yang baik dan istiqomah. Meski pada kenyataannya, hidup di zaman seperti sekarang ini dimana banyak sekali godaan dari luar, membuat para remaja semakin sulit untuk menjaga diri.

Namun, kamu nggak perlu terlalu khawatir akan terbawa arus. Karena selama kamu masih punya prinsip yang kuat serta dapat bergaul dengan orang yang tepat, maka kamu pasti bisa menjadi pribadi yang kamu inginkan.

Cara menjadi remaja muslimah yang baik dan istiqomah

cara menjadi remaja muslimah yang baik

1. Cara berpakaian muslimah

Agar menjadi remaja muslimah yang baik, langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah dengan memperbaiki penampilan terutama dari cara berpakaianmu.

Gaya berpakaian seorang wanita muslimah tentu harus sesuai dengan syariat. Mulai dari menggunakan hijab yang benar sesuai dengan fungsinya. Bukan hijab yang digunakan hanya buat pantes-pantes doang ya.

Selain itu, pakaian juga harus longgar agar mampu menjaga dirimu dari pandangan liar cowok di luar sana. Usahakan tetap modis atau minimal bisa menyesuaikan sehingga masih percaya diri ketika di pandang oleh orang lain.

2. Menjaga Adab berbicara

Menjadi remaja muslimah yang baik tentu harus mampu menjaga setiap kata ataupun kalimat yang keluar dari lisannya. Berfikir sebelum berbicara harus kamu latih dan tanamkan agar terbiasa. 

Adab berbicara seorang wanita muslimah tentu berbeda dengan wanita pada umumnya di luar sana. Jika tidak bisa berkata yang baik, maka diamlah. Setidaknya itu bisa menyelamatkanmu dari lisan yang sangat berbahaya jika tidak mampu menjaganya dengan baik.

3. Menjaga sikap 

Menjaga sikap juga harus mampu kamu kendalikan terutama bagaimana seharusnya sikap wanita muslimah kepada lelaki.

Karena, kamu tidak akan bisa menjadi remaja muslimah yang baik jika sikapmu terhadap cowok masih sama seperti cewek lainnya. Misalnya, masih suka ngobrol atau telfonan dengan mereka. Masih mau di ajak jalan keluar dan lain sebagainya.

4. Menjaga prilaku

Tips yang selanjutnya yaitu belajar tentang akhlak wanita muslimah terutama prilaku kepada orang lain. Contohnya, jika temanmu berbuat baik kepadamu, maka balaslah perbuatan baiknya itu melebihi apa yang telah dia lakukan.

Sebaliknya, jika ada yang tidak suka atau membencimu, maka jangan balas perbuatannya. Cukup jauhi mereka meskipun sebelumnya kalian sudah berteman.

Karena, tidak semua orang di sekeliling kita akan suka meskipun tampak terlihat baik di depan kita. Itulah fakta yang harus kamu ketahui agar mampu menjaga prilaku kepada siapapun dengan sewajarnya.

5. Menjadi wanita muslimah yang feminin

Sudah sepantasnya jika wanita itu mempunyai sifat yang lembut atau feminin. Meskipun kamu cantik, jago beladiri atau punya segalanya, tapi jika sifatmu keras dan gaya bicaramu kasar, maka orang di sekelilingmu akan berusaha menjauhimu.

Jadi, dalam masa-masa remaja yang mungkin kamu sekarang masih mencari jati diri, belajarlah menjadi wanita yang feminin dan punya karakter muslimah yang baik.

6. Pintar dalam memilih teman

Mungkin kamu pernah mendengar, jika ingin menilai seseorang dengan cepat maka lihatlah dengan siapa dia berteman. Misalnya, jika kamu di sekolah, lihatlah mereka yang suka bolos atau jarang masuk sekolah, kebanyakan di antara mereka punya karakter yang sama.

Oleh sebab itu, jika kamu ingin menjadi seorang remaja muslimah yang baik, maka pilihlah teman yang punya prinsip sama denganmu. Hal itu akan membuatmu lebih mudah agar tetap istiqomah.

Baca juga:

Rio Ve
Rio Ve Ikatlah ilmu dengan menulis

Posting Komentar untuk "Cara Menjadi Remaja Muslimah yang Baik dan Istiqomah"