Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Perawatan Motor Matic Setelah 5 Tahun

Ada beberapa perawatan motor matic yang harus menjadi perhatian khususnya setelah 5 tahun pemakaian. Karena, sebagian part atau komponen pada motor yang telah lama dan berumur tentu telah aus dan harus diganti.

Oleh sebab itu, pada posting kali ini akan kita bahas lebih jauh tentang perawatan apa saja yang perlu dilakukan pada motor matic kita. Antara lain sebagai berikut:

Perawatan Motor Matic Setelah 5 Tahun

Perawatan Motor Matic Setelah 5 Tahun

Dari pengalaman saya pribadi selama ini, ada beberapa sparepart/komponen pada kedua motor matic kami (beat injeksi dan karbu) yang harus diganti setelah 5 tahun pemakaian, diantaranya:

1. Busi

Selama hampir enam tahun pemakaian, saya telah mengganti busi pada beat injeksi dan yang karbu sebanyak 3 kali. Kondisi motor bisa dibilang pemakaian setiap hari kategori ringan. Karena sangat jarang dipakai untuk perjalanan jauh. 

Alasan saya menggantinya tentu karena rusak. Meskipun terkadang ada saja orang yang memilih untuk memperbaikinya, namun untuk urusan busi memang saya tidak mau ambil resiko. 

2. Ban depan belakang

Lama pemakaian sama seperti poin nomer 1 di atas dan sejauh ini saya telah mengganti ban depan belakang sebanyak 1 kali. Rencananya, kurang lebih 2 tahun ke depan akan saya ganti lagi yang baru karena sekarang sudah mulai halus bannya.

Tapi apabila dalam waktu dekat motor sering di pakai perjalanan jauh, maka tidak ada pilihan selain menggantinya lebih awal. Karena, kondisi ban ini memang salah satu komponen pokok pada motor yang tidak boleh diabaikan.

3.  Kanvas Rem

Karena kebetulan pemakaian motor kami tidak begitu capek, jadi kondisi kanvas rem masih cukup bagus. Terhitung untuk yang injeksi, dari kondisi motor beli baru hingga lebih dari 5 tahun, saya hanya mengganti kanvas rem sebanyak 2 kali.

4. V-Belt dan Roller

Seharusnya, untuk v-belt dan roller pada motor kami sudah selayaknya di ganti yang baru. Mengingat sudah 6 tahun berjalan, maka cukup riskan jika dipakai pada perjalanan jauh. Tapi karena kondisinya yang masih cukup bagus, kemungkinan masih bisa di pakai setahun ke depan.

Saya berani mengambil keputusan demikian tentu sesuai dari saran bengkel langganan saya. Inilah pentingnya servis motor secara rutin yang saya lakukan hampir setiap bulan.

5.  Lampu depan

Pada posting sebelumnya, telah saya jelaskan secara lengkap mengenai daftar riwayat penggantian lampu pada motor metik kami. Jika Anda ingin tahu, silahkan membacanya terlebih dahulu. 

6. Aki

Umumnya, Aki menjadi salah satu komponen pada motor matic yang harus diganti setelah usia 5 tahun pemakaian. Apalagi bagi orang yang kurang mengerti cara merawat aki yang benar, maka seringkali mengeluh karena aki motornya sering soak.

Tapi karena kebetulan saya selalu memperhatikan pemakaian motor yang benar secara detil, sehingga aki motor metik saya belum pernah soak selama hampir 6 tahun. 

7. Perawatan mesin

Kondisi mesin motor setelah 5 tahun tentu akan mengalami kendala. Mulai dari part atau komponen yang rusak pada bagian mesin atau injeksinya. Meskipun dilakukan perawatan atau service secara berkala, terkadang ada saja bagian komponen yang rusak dan harus di ganti. 

Sebagai pemilik, seharusnya Anda tahu jika terjadi masalah pada kondisi mesin motor Anda. Jika suara mesinnya tidak halus lagi, segeralah bawa ke bengkel langganan agar bisa ditangani sedini mungkin. Sehingga tidak merembet ke yang lainnya.

8. Shockbreaker

shockbreaker motor juga menjadi salah satu komponen utama yang harus di cek setiap waktu. Apabila kontur jalan di wilayah Anda beraspal atau jalanannya halus, mungkin bisa awet bertahan hingga 3 tahun lebih.

Tapi, jika kebetulan jalanannya seperti di tempat kami (pedesaan) yang mayoritas masih jelek, tentu shok motor akan cepat rusak.

Seperti yang terjadi pada kedua motor kami, telah ganti shok belakang masing-masing 2 kali selama 5 tahun pemakaian. Namun untuk yang depan, masih bisa di servis dengan ganti minyak oli shockbreaker dan sill nya saja.
 
Kesimpulan

Itulah sekilas sharing pengalaman tentang perawatan pada motor matic saya setelah 5 tahun pemakaian. Untuk perawatan lain seperti ganti oli, filter, body motor dan lain sebagainya memang tidak saya masukan pada list di atas karena menurut saya itu termasuk kategori servis rutin bulanan.

Baca juga :
Rio Ve
Rio Ve Ikatlah ilmu dengan menulis

Posting Komentar untuk "Perawatan Motor Matic Setelah 5 Tahun"