Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Spare Part Motor Matic yang Sering Rusak

Halo sobat, pada kesempatan kali ini saya akan berbagi tips perawatan motor matic khususnya spare part motor matic apa saja yang sering rusak.

Seperti yang kita tahu bahwa motor matic telah menjadi primadona di Indonesia mulai dari masyarakat perkotaan hingga pelosok desa. Namun, pengetahuan tentang merawatnya terkadang masih kurang di perhatikan.

Berikut Spare Part Motor Matic yang Sering Rusak

Spare Part Motor Matic yang Sering Rusak

Gambar di atas merupakan salah satu motor metik yang kami punya (motor istri). Kalo saya sendiri kebetulan punya yang injeksi. Jadi, agar lebih mudah dan jelas, mari kita kupas keduanya.

1. Motor matic karbu

Dari pengalaman pemakaian selama ini lebih dari 5 tahun, spare part yang sering rusak pada motor matic karbu (beat) kami adalah sebagai berikut:
  • Perpak mesin bagian depan sering bocor
Terhitung sudah 3 kali saya ke bengkel untuk memperbaiki kebocoran pada bagian mesin depan. Ketika saya tanyakan ke mekanik bengkel langganan, masalahnya terdapat pada sill atau perpak penutup mesin bagian depan yang rembes.

Padahal, motor tersebut kami gunakan untuk perjalanan ringan. Hanya untuk bekerja ke sekolah dan bepergian pun jaraknya dekat. Intinya bukan motor capek. Untuk oli juga saya selalu menggantinya secara rutin.

Hingga akhirnya, pada service yang terakhir mas mekanik merekomendasikan spare part impor dengan harapan lebih awet dibanding yang sebelumnya.

2. Motor matic injeksi

Untuk sharing selanjutnya, ini yang terjadi pada motor kedua selama pemakaian hampir 6 tahun. Berikut beberapa spare part motor matic beat injeksi kami yang sering rusak:
  • Lampu depan
Dari mulai beli baru hingga sampai sekarang, terhitung sudah 2 kali saya mengganti lampu bagian depan. Padahal, intensitas pemakaian di malam hari bisa dibilang sangat jarang.

Untuk perjalanan jauh ke luar kota pun belum pernah. Jarak tempuh paling jauh masih di wilayah perjalanan dalam kota tidak lebih dari 300 km dan dalam setahun masih bisa di hitung jari.

Untuk kerusakan lain yang pernah terjadi yaitu sensor injeksi. Selama ini sih cuma baru sekali. Apabila motor Anda sering brebet meski sudah memakai pertamax/pertalit dan service rutin, bisa jadi sensor injeksinya bermasalah.

Kesimpulan

Itulah beberapa spare part motor matic yang sering rusak sesuai dari pengalaman pribadi kami. Untuk kerusakan lain, akan kami update apabila ke depan terjadi masalah lainnya.

Baca juga :
Rio Ve
Rio Ve Ikatlah ilmu dengan menulis

Posting Komentar untuk "Spare Part Motor Matic yang Sering Rusak"