Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengatasi Blog Sepi Pengunjung

Ada beberapa cara mengatasi blog sepi pengunjung yang akan kita bahas pada artikel ini. Anda dapat mempelajarinya secara gratis dan dapat langsung menerapkannya.

Karena tidak dapat dipungkiri bahwa trafik atau pengunjung merupakan salah satu tujuan terbesar para blogger untuk bisa mendapatkan penghasilan dari blog mereka.

Apabila saat ini trafik blog Anda belum sesuai seperti apa yang diharapkan, Anda tidak perlu putus asa karena hal itu masih bisa di atasi selama Anda mau berusaha. Mari kita bahas lebih jauh.

Cara mengatasi blog sepi pengunjung

Agar Anda dapat mengetahui cara yang tepat untuk mengatasinya, maka terlebih dahulu sebaiknya ketahui kenapa blog Anda bisa sepi pengunjung. Berikut penjelasan selengkapnya:

1. Pastikan Artikel berhasil terindex google

Cara mengatasi blog sepi pengunjung


Apabila artikel yang telah Anda posting tidak muncul di hasil pencarian mesin pencari seperti google, maka bisa jadi hal itu karena belum terindex oleh google.

Untuk mengetahuinya cukup mudah. Silahkan langsung ketik keyword (kata kunci) artikel Anda di google lalu lihat apakah artikel blog Anda muncul disana atau tidak.

Atau, Anda dapat menggunakan fasilitas inspeksi url yang ada pada google search console dengan cara masukan url artikel yang ingin Anda cek seperti pada gambar di atas.

Jika tidak muncul, maka itulah salah satu penyebab kenapa blog Anda bisa sepi dari pengunjung. Oleh sebab itu, sebaiknya gunakan keyword pilihan agar artikel yang Anda publish bisa muncul di hasil pencarian dan bahkan bisa bersaing di halaman 1 (page one).

2. Kenalkan blog atau promosi di tempat yang tepat

promosi blog di media sosial agar tidak sepi pengunjung

Apabila blog Anda masih baru, maka hal yang wajar jika masih sepi pengunjung. Apalagi, jika blog masih berusia antara 1 hingga 6 bulan. Biasanya masih terkena sandbox google.

Jika demikian, maka blog Anda akan cukup kesulitan untuk bisa meraih posisi terbaik di mesin pencarian.

Jadi, salah satu opsi terbaik yang bisa Anda lakukan selama masa itu adalah dengan mengenalkan atau mempromosikan blog Anda di tempat yang tepat. Seperti pada media sosial whatsapp, facebook, instagram, youtube, tik tok atau dengan promosi berbayar (Google Ads atau fb ads).

Lakukan dengan benar (jangan spam) dan usahakan secara rutin share link blog Anda agar semakin dikenal oleh orang banyak terutama sahabat, teman atau di lingkungan komunitas Anda.

3. Membuat artikel yang banyak di cari pembaca

tips mengatasi blog sepi pengunjung

Meskipun tidak mudah namun bukan perkara yang mustahil apabila Anda mau berusaha lebih keras untuk membuat artikel yang berpotensi dibaca oleh banyak orang.

Ada banyak ide konten yang dapat dijadikan sebagai artikel trending. Contohnya, ide tersebut bisa Anda temukan dari fyp tik tok, berita viral artikel terkini di televisi, trending youtube, atau dari google discover.

Misalnya, saat saya menulis artikel ini sedang booming film kkn desa penari yang telah viral karena menjadi film horor Indonesia dengan penonton terbanyak sepanjang sejarah. Meskipun hanya baru beberapa hari setelah rilis di bioskop tanah air. Tapi telah mampu menyedot perhatian jutaan penonton.

Jika Anda telah menemukan ide yang kira-kira potensial, maka segeralah jadikan sebagai konten artikel agar kesempatan blog Anda ramai pengunjung tidak terlewat begitu saja. 

4. Membuat artikel berkualitas dalam jumlah banyak

cara agar blog banyak pengunjung

Saat saya menulis ini, jumlah artikel di blog ini hanya 157 postingan. Masih kurang banyak karena target saya yaitu minimal 1000 posting artikel.

Logikanya, jika dari setiap artikel mampu mendatangkan satu pembaca saja setiap harinya, maka saya bisa mendapatkan trafik seribu pengunjung setiap hari.

Jadi, jika jumlah artikel di blog Anda saat ini masih sedikit dan pengunjungnya masih sepi, maka silahkan tambah lagi artikelnya hingga banyak. Ya sukur sukur bisa seribu lebih.

Seharusnya Anda mampu membuat minimal satu artikel baru setiap hari. Jika mampu konsisten maka setahun saja sudah bisa membuat 350 lebih artikel. Jadi, bukan perkara yang sulit bukan?

5. Optimasi blog 

optimasi blog agar ramai pengunjung


Setelah ke empat tips di atas sudah Anda terapkan, hal penting lain yang tidak boleh Anda abaikan adalah bekali diri Anda dengan pengetahuan optimasi blog. Salah satunya yaitu dengan mempelajari ilmu SEO. 

Mulai dari bagaimana strategi membangun konten, link building pada artikel hingga menganalisa mana saja konten di blog Anda yang banyak di minati oleh pengunjung. 

Hal ini penting agar ke depannya Anda lebih terarah lagi dalam membuat artikel baru sesuai niche yang paling banyak mendatangkan trafik ke blog Anda.

Sehingga setiap harinya pengunjung blog Anda akan meningkat secara signifikan.


Penutup

Itulah beberapa cara mengatasi blog sepi pengunjung yang dapat kami bagikan pada kesempatan kali ini. Semoga dapat Anda terapkan dengan mudah. Apabila ada yang kurang jelas, silahkan dapat ditanyakan langsung pada kolom komentar atau melalui email pada halaman kontak blog ini.

Rio Ve
Rio Ve Ikatlah ilmu dengan menulis

Posting Komentar untuk "Cara Mengatasi Blog Sepi Pengunjung"