Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara agar Orang Tertarik dengan Dagangan Kita

Agar produk yang kita jual bisa laku hingga laris, sudah sepatutnya kita mengetahui bagaimana cara agar orang tertarik dengan dagangan kita.

Meskipun sebelumnya mungkin berbagai upaya telah dilakukan, tapi nyatanya usaha yang kita lakukan terkadang hasilnya belum sesuai dengan apa yang kita harapkan.

Oleh sebab itu, mari kita bahas lebih jauh kira-kira apa sih penyebabnya? Atau mungkin ada sesuatu yang belum kita terapkan pada usaha dagang yang selama ini dijalankan.

Berikut Cara Agar Orang Tertarik dengan Dagangan Kita

1. Produk yang kita jual harus berkualitas

cara agar orang tertarik dengan dagangan kita

Hal yang paling mendasar dan merupakan pertimbangan utama konsumen dalam membeli suatu produk itu adalah kualitas dari produk itu sendiri.
 
Misalnya, apakah mungkin jika seandainya Anda mempunyai bisnis kuliner dan Anda ingin mendapatkan keuntungan padahal rasa masakannya tidak enak.

Maka dari itu, pastikan produk yang Anda jual memiliki kualitas yang baik untuk membuat konsumen Anda tidak kecewa. 

Jangan ragu untuk berinvestasi seperti melakukan riset dan pengembangan produk demi mendapatkan kualitas produk yang baik.

2. Tampilan atau kemasan Produk harus menarik

Apabila Anda baru membuka usaha atau berjualan, gunakanlah foto produk yang jelas serta memikat pada saat melakukan promosi di media sosial Anda.

Buatlah foto yang benar-benar menggugah selera konsumen dengan menggunakan kamera foto yang baik. Bila perlu, sewa fotografer yang profesional agar hasil fotonya semakin jelas dan bagus.

Tentu hal ini akan mempengaruhi keinginan calon pembeli untuk membeli produk atau jualan Anda.

Selain itu, sangat penting bagi pelaku bisnis yang menjual produknya melalui internet atau online shop karena jualan online itu yang pertama adalah menjual gambar. 

3. Tawarkan pada konsumen yang tepat

Tips agar produk jualan laris

Tips agar mereka tertarik dan ingin membeli dagangan kita yang selanjutnya yaitu tawarkan pada konsumen yang tepat untuk mempermudah menjual produk kepada konsumen. 

Jadi, produk yang Anda tawarkan haruslah ditujukan kepada konsumen yang benar-benar membutuhkan.

Pastikan terlebih dahulu siapa yang menjadi target pasar bisnis Anda. Agar lebih mudah, tentukan berdasarkan gender, usia, tingkat pendidikan, ekonomi dan lain sebagainya. Dengan begitu maka Anda dapat mempertegas siapa sih konsumen yang paling potensial. 

Sehingga Anda tidak perlu menghabiskan terlalu banyak waktu dan tenaga untuk melakukan promosi pada orang yang ternyata enggak membutuhkannya. Ditambah lagi, jika konsumen itu sudah tertarget maka tugas Anda akan jauh lebih mudah.

4. Gunakan bahasa yang mudah dimengerti

cara-agar-dagangan-laris-terus

Tips yang selanjutnya yaitu Anda harus menguasai cara berkomunikasi seperti pedagang pada umumnya. Misalnya ramah, mudah senyum, banyak ngobrol dan lain sebagainya.

Tingkat pengetahuan setiap konsumen terhadap suatu produk itu tidak bisa disamaratakan. Ada beberapa konsumen yang betul-betul memahami produknya secara mendetil namun ada juga konsumen yang kurang begitu paham.

Pastikan Anda mampu menyederhanakan bahasa yang digunakan untuk menjelaskan berbagai hal yang berkaitan dengan produk Anda sehingga mereka akan lebih paham.

Dengan semakin pahamnya konsumen akan produk yang Anda tawarkan, maka akan semakin mudah bagi Anda untuk meyakinkan konsumen tersebut agar mau membeli produk Anda.

5. Produk yang ditawarkan harus memiliki keunggulan

Selain kualitas yang baik, produk Anda akan semakin meyakinkan konsumen agar mau membelinya apabila produk tersebut memiliki keunggulan dibanding yang lain.

Apalagi jika produk yang Anda jual merupakan produk sejenis dengan harga yang sama dan juga ditawarkan oleh kompetitor Anda. Maka besar kemungkinan Anda akan cukup kesulitan dalam meyakinkan konsumen.

Sebab konsumen tersebut tidak harus membelinya dari Anda saja bukan? Oleh sebab itu, pastikan produk Anda memiliki suatu keunggulan.

Misalnya, dari segi pelayanan jika banyak orang yang menjual produk yang sama maka Anda bisa tawarkan garansi produk yang lebih lama atau gratis ongkir.

Hal lain yang perlu diingat adalah memberikan sesuatu yang lebih dari apa yang diharapkan oleh konsumen itu merupakan cara paling ampuh untuk meyakinkan konsumen agar mau membeli produk Anda.

6. Tunjukkan pencapaian bisnis Anda

Apakah bisnis anda telah punya pencapaian? jika iya, maka itu akan menjadi nilai tambah yang dapat dipamerkan kepada konsumen.

Misalnya, bentuk-bentuk pencapaian seperti produk Anda pernah meraih suatu penghargaan ya semisal sudah Ribuan Orang menggunakan produk Anda dan lain sebagainya.

Dengan menunjukkan bukti-bukti pencapaian tersebut maka Anda dapat mengubah pandangan konsumen dan semakin memperkuat Citra bisnis yang Anda miliki.

Konsumen yang awalnya ragu, bisa saja menjadi yakin dan akhirnya mau membeli produk Anda setelah melihat pencapaian bisnis Anda.

7. Tunjukkan testimoni dari konsumen yang pernah beli

cara melariskan dagangan yang sepi

Faktanya, sejak zaman dulu kala testimoni dari konsumen yang pernah membeli produk/dagangan kita memang cukup ampuh dan terbukti menjadi salah satu cara untuk melariskan dagangan yang sepi.

Apalagi pada praktik jualan online seperti pada aplikasi/marketpalec shopee, lazada, tokopedia dan lain sebagainya. Selalu ada tampilan testimoni atau ulasan di bawah produk yang dijual.

Para calon pembeli tentu akan melihat ulasan mereka sebagai bahan pertimbangan yang kuat untuk membelinya. 

Terlebih lagi jika terdapat testimoni dari kalangan publik figur yang merasa senang dan meninggalkan kesan positif, maka konsumen akan semakin tertarik dan yakin untuk beli produk Anda.

Oleh sebab itu, pastikan Anda membuat daftar testimoni dari para pembeli jika saat ini Anda belum menyiapkannya. 

Karena, konsumen baru yang sulit diyakinkan biasanya dapat luluh dengan menunjukkan beberapa pengalaman positif dari konsumen lain yang pernah membeli dan menggunakan produk Anda.

8. Jika memungkinkan, biarkan konsumen mencobanya

Ketika anda menawarkan suatu produk baru, biarkan calon konsumen untuk mencobanya untuk membuat mereka lebih yakin terhadap produk tersebut.

Karena, pastinya mereka ingin merasakan sendiri secara langsung dan mengetahui seberapa bagus sih produk yang Anda tawarkan. Jadi, coba siapkan sampel gratisnya. 

Produk atau free trial yang bisa dicoba oleh calon konsumen dan langsung tanyakan bagaimana pendapat mereka setelah mencobanya.

Jelaskan kembali tentang produk Anda untuk sekali lagi meyakinkan mereka agar membeli produk Anda.

Baca juga:

Itulah 8 cara agar orang tertarik dengan dagangan kita dan mau membelinya. Tentu masih banyak tips lain yang mungkin sudah Anda terapkan sebelumnya. Jika memungkinkan, silahkan kombinasikan agar mendapatkan strategi marketing terbaik untuk bisnis Anda.

Rio Ve
Rio Ve Ikatlah ilmu dengan menulis

Posting Komentar untuk "Cara agar Orang Tertarik dengan Dagangan Kita"