Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa Itu Pacaran Virtual? Kenali Resiko Menjalin Trend Hubungan Ini

Pacaran virtual atau virtual relationship belakangan ini menjadi trends yang cukup menarik perhatian dan banyak dibicarakan di media sosial. Apa itu pacaran virtual dan adakah resiko maupun keuntungannya? 

Pertanyaan semacam ini tentu saja sering melintas di benakmu karena setiap jenis hubungan pasti mempunyai kekurangan dan kelebihannya masing-masing.

Virtual date atau pacaran virtual bisa diartikan sebagai hubungan asmara yang dijalin secara virtual (online) tanpa pernah bertatap muka secara langsung sekalipun. Dalam hubungan ini, pria maupun wanita mulai bertemu, berkenalan, berbicara, dan berkencan selayaknya pasangan kekasih melalui platform digital seperti WhatsApp, Twitter, Line, Instagram, Facebook, dan lain sebagainya termasuk aplikasi dating. 

Apa Itu Pacaran Virtual?

Apa Itu Pacaran Virtual

Pacaran virtual artinya kamu dan pasangan hanya menjalin hubungan asmara secara virtual alias tanpa bertemu. Hubungan ini hampir sama dengan jenis hubungan LDR (Long Distance Relationship). Apabila LDR dilakukan oleh pasangan kekasih yang terpisah jarak sangat jauh, maka virtual date tetap bisa dimiliki oleh pasangan dalam satu wilayah. Meskipun tampak sederhana, tetapi pacaran vitual mempunyai beberapa resiko seperti berikut ini.

1. Mudah Merasa Bosan

Kebosanan sering kali mengganggu pasangan kekasih yang menjalin hubungan virtual. Ini karena kamu dan pasangan tidak pernah bertemu secara tatap muka. 

Kalian hanya mengandalkan gadget dan media sosial sebagai perantara untuk berkomunikasi selama berpacaran. 

Sehingga keinginan untuk bertemu pun terasa mustahil terlaksana. Jadi tak heran bila kalian merasa bosan sebab hubungan tersebut tidak ada kemajuan.

2. Mudah Dighosting

Salah satu resiko menjalin virtual relationship yaitu rentan terhadap perilaku ghosting. Kamu bisa saja menjadi korban ghosting dari pasangan online-mu itu.

Seperti yang telah diketahui bahwa tindakan ghosting ini mengacu pada tindakan salah satu pihak yang meninggalkan gebetan atau pasangannya secara mendadak tanpa ada penjelasan atau salam perpisahan. 

Pelaku ghosting akan sangat mudah melakukan tindakan ini karena selama menjalin hubungan kalian memang tidak pernah bertemu. Bahkan, kamu pun akan kesulitan mencari keberadaan pasanganmu karena tak menutup kemungkinan dirinya hanya menggunakan identitas lain saat pacaran virtual denganmu.

3. Susah Mendapatkan Hubungan yang Serius

Mungkin kamu pernah bertanya apakah hubungan virtual bisa langgeng? Semua ini kembali pada kepribadian kalian masing-masing. Akan tetapi, perlu diingat bahwa virtual date ini mempunyai risiko lain seperti susah mendapatkan hubungan yang serius. 

Menjalin hubungan dengan pasangan yang sering kali bertemu secara langsung terkadang masih saja tak beruntung, di mana kalian bisa saja putus. Inilah mengapa virtual date justru lebih berkemungkinan mempunyai akhir yang mengecewakan semacam ini. 

Meskipun tak sedikit orang yang menemukan jodoh melalui aplikasi datting, tetapi tetap saja hubungan serius mereka terjalin dengan adanya pertemuan secara langsung walaupun tidak terlalu sering. Namun, bila kamu hanya menjalin hubungan pacaran virtual, alih-alih serius dan menikah, ikatan asmara kalian justru akan terasa abu-abu.

Keuntungan Menjalin Virtual Relationship

Selain mempunyai resiko tersebut, menjalin virtual relationship juga mempunyai keuntungan tersendiri seperti berikut ini!

#1. Mengurangi Kemunculan Konflik

Apabila kamu dan pasangan adalah orang yang santai dan tidak mudah berpikiran negatif secara berlebihan, maka pacaran virtual akan cocok untuk kalian coba. 

Tak pernah bertemu justru akan mengurangi kemungkinan munculnya konflik sebagaimana yang dirasakan oleh orang-orang yang menjalin hubungan pacaran biasa. 

Kamu dan pasangan akan menghargai waktu berkomunikasi karena menyadari bahwa saat ini kalian hanya berpacaran secara online, sehingga akan sangat disayangkan bila waktu yang berharga tersebut dilalui dengan bertengkar. 

#2. Menghemat Biaya

Tentu saja berpacaran secara virtual akan membuat kamu dan pasangan lebih mudah menghemat. Kalian yang tidak perlu bertemu dan kencan secara offline bisa meminimalisir pengeluaran.

Berbeda dengan mereka yang menjalin hubungan pacaran normal yang setiap minggu melakukan kencan romantis bersama. Kalian hanya perlu membeli kuota agar komunikasi berjalan lancar. 

Setelah mengetahui apa itu pacaran virtual beserta risiko dan keuntungannya ini, apakah kamu merasa yakin untuk mencobanya?

Baca juga :

Rio Ve
Rio Ve Ikatlah ilmu dengan menulis

Posting Komentar untuk "Apa Itu Pacaran Virtual? Kenali Resiko Menjalin Trend Hubungan Ini"