Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cita Cita yang Cocok untuk Jurusan TKJ

Ada beberapa cita cita yang cocok untuk jurusan tkj seiring dengan perkembangan teknologi yang semakin pesat. Sehingga menjadikan kemampuan di bidang teknologi komputasi serta pekerjaan di bidang tersebut juga semakin beragam dan dibutuhkan.

Namun, hal ini terkadang menimbulkan kebingungan tersendiri bagi lulusan TKJ dalam memilih pekerjaan yang sesuai dengan skill mereka.

Cita cita yang cocok untuk jurusan TKJ

Tidak hanya bergengsi, pekerjaan di bidang IT juga menawarkan gaji yang besar. Hal ini sejalan dengan tingkat kesulitan selama mempelajari ilmu komputer. Beberapa daftar pekerjaan di bawah ini dapat kamu pilih sesuai kemampuan yang dimiliki.

1. Menjadi Pengusaha ( Bisnis Internet Wifi )

Wirausaha dalam Bidang TKJ

Jika kamu tipe orang yang tidak suka bekerja pada orang lain atau ingin menjadi bos dan mempunyai perusahaan sendiri, maka menjadi pengusaha di bidang bisnis internet/ wifi rumahan dapat menjadi solusi.

Hanya dengan bermodalkan pengetahuan serta keahlian yang kamu miliki di bidang teknologi informasi (IT), maka kamu tidak harus mengeluarkan terlalu banyak tenaga/pekerja.

Apabila modal atau budget nya pas-pasan, maka kamu bisa menggunakan SDM yang kamu miliki untuk merintis usaha tersebut dari awal. Seiring berjalannya waktu, kamu akan menemukan jalan bisnis dengan relasi yang dibangun ke depan. 

Baca juga : Peluang bisnis internet wifi rumahan

2. Membuka les privat Komputer 

Pekerjaan TKJ untuk Wanita

Menjadi guru les komputer saat ini masih sangat dibutuhkan. Apalagi bagi siswa SMP/SMA di daerah perkampungan atau yang masih susah akses internet. 

Wawasan dan keahlian yang kamu punya setelah mempelajari jurusan teknik komputer jaringan selama ini merupakan aset berguna di masa depan.

Dengan membuka les privat komputer, bukan hanya penghasilan materi yang didapat, tapi juga keahlianmu akan semakin terasah sehingga bermanfaat untuk orang banyak. 

3. Menjadi konten creator 

peluang kerja teknik komputer dan jaringan

Mempunyai keahlian di bidang IT saat ini sangat berpotensi meraih kesuksesan di bidang industri creator. Seperti menjadi youtuber, tik toker, blogger dan lain sebagainya.

Beberapa profesi atau freelance tersebut mempunyai potensi mendatangkan penghasilan yang cukup besar apabila kamu bisa mendapatkan ribuan pengikut dari konten yang dibuat.

Selebihnya, jika kamu mampu memanfaatkan platform yang sudah ada lalu mengisi channel atau akunmu dengan konten yang disukai banyak orang, maka kesuksesan pasti juga menyertaimu kelak. 

Baca Selengkapnya Membuat tulisan dan mendapatkan penghasilan dengan menjadi penulis blog.

4. Menjadi teknisi komputer

Bidang KEAHLIAN dan Program KEAHLIAN TKJ


Smartphone saat ini seolah sudah menjadi bukan barang mewah. Karena hampir setiap orang menggunakannya dan bahkan punya lebih dari 1 di rumah. 

Begitu juga dengan komputer atau laptop yang sudah mulai bisa dijangkau oleh hampir semua kalangan masyarakat, maka profesi tukang servis dari barang elektronik tersebut menjadi sangat di butuhkan.

Jika saja kamu mau mengembangkan dan mengasah wawasanmu di bidang IT, maka saya yakin tidak butuh waktu lama kamu bisa menguasai ilmu dan keahlian service seperti yang telah saya sebutkan di atas.

5. Teknisi Jaringan

pekerjaan jurusan tkj dan gajinya

Bagi Kamu yang bercita-cita menjadi teknisi jaringan, melakukan perbaikan dan upgrade pada hardware dan software komputer merupakan tugas yang dilakukan.

Kamu juga bertanggung jawab untuk menentukan tingkat efisiensi, kesesuaian, dan reliabilitas suatu sistem di unit kerja.

Alasan lulusan jurusan TKJ menginginkan pekerjaan ini karena prospek kerja yang luas dengan gaji cukup tinggi. Namun, jika ingin menekuni bidang ini juga diperlukan pemahaman mendalam pada beberapa hal seperti firewall, Internet of Thing (IoT), bahasa pemrograman, konsep bandwidth management, routing, dan DNS.

6. Administrasi Server

Peluang kerja usaha jurusan TKJ

Meskipun tampak keren, tetapi pekerjaan ini tidaklah mudah karena seorang admin server bertanggung jawab mengatur semua aktivitas server, mulai dari membangun, mengelola, dan memperbaiki sebuah server komputer. Ia juga harus memastikan server berjalan dengan baik dan keamanan terjaga.

Syarat lain yang harus dipenuhi selain memiliki pengetahuan tentang server, Kamu juga memerlukan kemampuan yang baik dalam berkomunikasi jika bekerja di perusahaan. Karena pekerjaan ini memerlukan kemampuan khusus, tak heran jika gaji yang diberikan pun cukup tinggi.

7. Sistem Analis

cita-cita lulusan jurusan teknik komputer dan jaringan

Cita-cita yang cocok untuk anak TKJ yang selanjutnya adalah sistem analis. Hal ini dipermudah dengan materi yang Kamu terima selama bersekolah, karena pekerjaan ini berhubungan dengan sistem jaringan komputer. 

Seorang sistem analis akan bertugas memperhitungkan kelebihan dan kekurangan sistem yang hendak dirancang. Tugas lainnya adalah menganalisis dan mendesain sistem yang nantinya juga digunakan oleh programmer.

8. Web Designer

cita cita yang cocok untuk jurusan tkj

Bagi siswa TKJ yang sudah akrab dengan bahasa pemrograman tentu akan sangat cocok jika memilih bekerja sebagai desainer website. Profesi ini ditekuni oleh mereka yang memiliki keterampilan dalam membuat tampilan website lebih menarik.

Beberapa tugas yang akan Kamu lakukan jika bekerja pada bidang ini adalah merancang layout secara visual dan mengonversi layout visual tersebut ke dalam HTML dan CSS sehingga bisa berjalan di web. 

Pekerjaan ini sangat menarik karena menjanjikan gaji cukup besar, memberi peluang bekerja sebagai freelance, dan banyak dibutuhkan di instansi pemerintah maupun swasta.

9. Desainer Grafis

cita cita jurusan tkj

Profesi yang satu ini selain membutuhkan skill komputer yang baik, juga diharuskan memiliki daya kreativitas yang tinggi. Karena tugas utama pekerjaan ini adalah membuat konten visual yang menarik pada media promosi suatu brand agar produk tampak memikat. 

Bagi kamu siswi jurusan TKJ yang enggan memilih pekerjaan sebelumnya, maka menjadi desainer grafis dapat menjadi pilihan alternatif pekerjaan TKJ yang cocok untuk wanita.

Penutup

Sebenarnya masih ada beberapa cita cita yang cocok untuk jurusan tkj seperti Programmer, Game Developer, bekerja di perusahaan elektronik, Perusahaan teknologi permesinan dan lain-lain.

Dari semua yang telah kami sajikan di atas, semoga dapat menjawab apa yang sedang menjadi kegalauanmu saat ini.

Baca juga : Cara agar orang tertarik dengan dagangan kita.

Rio Ve
Rio Ve Ikatlah ilmu dengan menulis

Posting Komentar untuk "Cita Cita yang Cocok untuk Jurusan TKJ"