Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Cerpen Motivasi Belajar: Mimpi Sang Mahasiswa

Contoh cerpen motivasi belajar singkat pada tulisan kali ini berisi tentang kisah inspiratif dari seorang mahasiswa yang akan menjadi semangat kita untuk terus berjuang dan belajar menggapai impian yang sudah kita idamkan.

Cerita pendek ini menggambarkan seorang mahasiswa yang bekerja keras, sabar dan selalu pantang menyerah. Berikut selengkapnya.

contoh cerpen motivasi belajar

Contoh Cerpen Motivasi Belajar

Judul “Mimpi Sang Mahasiswa”

Suasana pagi begitu tenang, di rumah Anggun tampak berkilau. Akan ada ujian masuk kelas kepenulisan di kampus. Menurut peraturan Rektor, mahasiswa yang akan lulus ujian kepenulisan ini bisa menyelesaikan kuliah secara gratis sampai ia selesai kuliah.

Anggun sudah siap dengan semua mental yang ia siapkan sebelum matahari terbit. 

Ia harus menyiapkan beberapa peralatan menulis yang ia perlukan seperti catatan kecil dan leptop. Anggun sudah menyiapkan sarapan untuk dirinya sendiri di dalam kamar kos.

Semenjak masuk perguruan tinggi, Anggun memilih hidup di kos agar lebih dekat dengan kampus.

Setelah selesai dengan aktivitas paginya, Anggun siap untuk berangkat ke kampus dan mengikuti semua ujian kepenulisan tersebut.

“Ra, berangkat dulu, ya.” sapa Anggun kepada teman sebelah kamarnya.

“Oh, iya, hati-hati, Nggun. Semangat untuk hari ini” balasnya.

Anggun hanya mengacungkan jempol dan langsung berlari ke luar.

Sepanjang perjalanan ke kampus. Anggun berusaha untuk tenang dan rileks. Ia sudah paham betul tentang dunia kepenulisan, tetapi ia masih kurang percaya diri. 

Hanya karena di kampuslah Anggun bisa memahami dunia kepenulisan yang sebenarnya. Karena ketika di kos, Anggun hanya sibuk bekerja menjadi content creator saja.

Tak lama setelah Anggun datang, semua mahasiswa yang mengikuti ujian telah berkumpul di dalam ruangan besar. Seorang perempuan masuk ke kelas dan mulai menyapa.

“Selamat pagi, semua,” ujarnya dengan suara lantang. 

“Pagi, Bu,” jawab mahasiswa yang berada di dalam ruangan.

“Pagi ini ibu akan membagikan selembar peraturan ujian kepenulisan untuk hari ini. Berusahalah sebaik Mungkin tanpa melihat internet. 

Ibu dosen mulai membagikan selembar kertas, “oh iya, satu lagi. Menulis bisa membantu kita dalam segala hal. Membantu kita dalam berpikir kritis, menciptakan banyak karya, dan masih banyak lagi. Jadi, kalian harus tetap semangat untuk terus belajar ya,”

Semua mahasiswa yang berada di dalam ruangan tersebut langsung memandang selembar kertas yang telah dibagikan.

Para mahasiswa diberikan waktu selama 60 menit untuk menulis sebuah cerpen motivasi. Semua mahasiswa terlihat fokus menghadapkan wajahnya di depan layar leptop. Anggun sendiri nampak tenang dengan jemari lentiknya yang mulai mengetik.

“Kalau aku mendapatkan beasiswa ini, aku tidak perlu menunda lagi kuliahku dan bisa membantu biaya sekolah adikku sambil bekerja menjadi content berita,” batin Anggun.

Sambil terus mengetik di depan layar, ia sangat berharap bahwa tulisan yang sedang ia kerjakan bisa berhasil lolos. 

Terbayang di benaknya jika ia berhasil dalam ujian beasiswa ini, hidup untuk kedepannya menjadi mahasiswa bisa lebih membaik, baik untuk dirinya maupun keluarga di rumah.

Baca juga :

Rio Ve
Rio Ve Ikatlah ilmu dengan menulis

Posting Komentar untuk "Contoh Cerpen Motivasi Belajar: Mimpi Sang Mahasiswa"