Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Sinopsis Cerpen Singkat yang Menarik

Cerpen itu berbeda dari novel, karena cerpen cenderung lebih singkat. Pada tulisan ini, kita akan mengetahui contoh sinopsis cerpen singkat yang menarik.

Cerita pendek atau biasa disebut cerpen, merupakan sebuah prosa yang di dalamnya bercerita tentang kisah hidup seseorang atau bisa juga dikatakan suatu peristiwa yang diceritakan secara mendalam.

Contoh Sinopsis Cerpen Singkat tentang Persaudaraan

contoh sinopsis cerpen singkat

Kata Persaudaraan adalah tema yang sangat menarik untuk diangkat menjadi sebuah cerita. Contoh dalam cerita kali ini berjudul ‘Bermain Bersama di Pantai Menganti’. 

Penulis dalam menuliskan cerita ini menggambarkan persaudaraan dari seorang adik, kakak yang bernama Rohman sebagai adik dan Rara sebagai Kakak. 

Mereka berdua berasal dari Kota Kebumen yang terkenal dengan puluhan pantai yang indah dan Tugu Lawet yang besar. 

Sebagai orang asli Kebumen, keduanya tidak asing lagi dengan yang namanya pantai. Banyak sekali pantai di daerah Kebumen terutama dibagian selatan, karena di kota lawet ini ada banyak sekali destinasi surga yang tidak kalah menarik dari kota besar lainnya, salah satunya yaitu Pantai Menganti.

Pantai Menganti ini terkenal sekali dengan pasir putih dan juga bukit yang menjulang tinggi. Sejauh mereka pergi, pasti tetap menatap indahnya Pantai Menganti yang berada di Kebumen. 

Suatu hari, Rara bermain dengan adiknya, Rohman di Pantai Menganti sampai sore. 

Mereka berdua sangat asik bermain air, sampai Rohman sedih di pinggir pantai dekat dengan pedagang kaki lima. 

Rara mulai menegur adiknya dan ternyata adiknya sedang sedih karena beberapa tahun lalu, Rohman pergi ke Pantai Menganti bersama ibu dan ayahnya, tapi sekarang Rohman hanya bisa bersama kakak perempuannya. 

Rohman sangat sedih karena perceraian yang menimpa ayah dan ibunya membuat Rohman dan Rara sangat kesepian di dalam rumah maupun di luar rumah. 

Seketika Rohman tersadar dari kesedihannya dan merogoh saku celananya, baru tersadar kalau kunci sepeda motor yang mereka bawa telah hilang.

Rohman menangis, karena takut kalau sampai kena marah ayahnya. Rara yang merasa lebih dewasa dari adiknya mulai menenangkan adiknya yang terus menangis tanpa henti. 

Rara mengajak adiknya untuk makan terlebih dahulu agar pikirannya lebih tenang dan tidak menangis lagi. 

Rara menyuruh adiknya untuk terus duduk di tempat makan, sedangkan Rara mencoba untuk terus mencari kuncinya sampai ketemu. 

Sebenarnya, Rara tidak marah dengan kunci yang hilang, dia hanya kesal pada dirinya sendiri kenapa dia menitipkan kunci sepeda motor kepada adiknya yang masih kecil. 

Hingga beberapa menit Rara mencari kunci, ia mendapat panggilan telepon dari ayahnya. Rara mulai gemetar dengan nama yang berada di layar ponselnya, Ayah. 

Lalu Rara mengangkatnya dan mulai berbicara, apakah Rara akan menjelaskan semua kejadian yang sedang adiknya alami? Padahal, dia sudah berjanji untuk tidak berbicara kepada ayah tentang kunci yang hilang.

Baca jugaCerpen pengalaman pribadi liburan ke Pantai

Melalui contoh sinopsis cerpen singkat ini, semoga kamu bisa memahami bagaimana cara membuat sinopsis cerpan yang baik dan benar. Semoga bermanfaat.

Artikel terkait :

Rio Ve
Rio Ve Ikatlah ilmu dengan menulis

Posting Komentar untuk "Contoh Sinopsis Cerpen Singkat yang Menarik"