Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Cerpen tentang Hari Kemerdekaan

Ini adalah contoh cerita pendek singkat atau cerpen tentang hari kemerdekaan Republik Indonesia dengan judul Mensyukuri Arti Kemerdekaan.

Dimana tujuh belas Agustus sebentar lagi, suara dan teriakan Kemerdekaan Indonesia terdengar dari berbagai penjuru Bumi Pertiwi. Tentu saja harus begitu, setidaknya masing-masing warga Indonesia ingin memerdekakan diri, keluarga dan Negeri ini.

Kemerdekaan sendiri meliputi berbagai aspek kehidupan sehingga tidak hanya berkisah tentang bambu runcing saja. Kemerdekaan juga bisa datang dari dalam rumah atau lingkungan masyarakat.

contoh cerpen tentang hari kemerdekaan

Contoh Cerpen tentang Hari Kemerdekaan Republik Indonesia 

Hari ini kelas X IPA sedang mendapatkan pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Pak Guru menjelaskan materi Pendidikan Kewarganegaraan tentang Kemerdekaan Indonesia. Aldo bertanya kepada gurunya, “Bagaimana bisa kita warga Indonesia yang baik dan dermawan ini bisa dijajah oleh Belanda, Pak?”

Mendengar pertanyaan itu, guru yang ada didepan kelas langsung tersenyum bahagia. Lalu pak guru mulai menceritakan apa yang terjadi waktu dulu di Indonesia. 

“Pertanyaan yang bagus. Jadi begini, dahulu Negeri Indonesia kaya dengan rempah-rempah atau yang biasa sebut sekarang bumbu dapur. Saat itu negara Belanda ingin membeli rempah-rempah. Tapi, lama kelamaan mereka menginginkan lebih, mereka juga ingin menguasai semua rempah-rempah yang ada di Indonesia.

“Sejarah mengatakan bahwa mereka telah menjajah Negeri kita tercinta selama sekitar 350 tahun. Semua pahlawan Indonesia melawannya sampai akhir hayat. Setelah itu Jepang juga datang untuk melakukan hal yang sama dan berhasil menjajah kurang lebih 3,5 tahun. Mereka membuat kebijakan yang dinamakan “Kerja Rodi” untuk rakyat Indonesia.

“Kerja Rodi itu apa, ya, Pak?” tanya salah satu siswa.

Pak guru menjawab: “Kerja Rodi itu semacam jenis pekerjaan yang dipaksa atau dalam catatan sejarah lebih dikenal sebagai Romusha. Tak peduli sehat atau sedang sakit semuanya harus kerja. 

Akhirnya dengan semua perjuangan dan tekad tak pernah pudar, bangsa Indonesia berhasil mengusir para penjajah pergi dari negeri kita. Ketika masa presiden Soekarno memproklamasikan Kemerdekaan Indonesia, yang merdeka waktu itu hanya kota-kota kecilnya saja. Setahun kemudian, barulah Indonesia mendapatkan kemerdekaan seutuhnya dan untuk selamanya.”

Tak Terasa ternyata sudah lama pak guru menjelaskan materi di depan kelas, hingga membuat Dimas temannya Aldo, tertidur pulas. Lalu Aldo membangunkan Dimas untuk mendengarkan penjelasan pak guru.

“Sekarang bapak mau memberikan pertanyaan pada kalian. Hal apa yang harus dilakukan sebagai anak muda bangsa ini?” tanya pak Guru. 

“Saya izin menjawabnya ya Pak.. Menurut saya, kita sebagai anak muda dan penerus generasi masa depan harus bisa bersyukur menjadi anak bangsa Indonesia, karena memiliki pahlawan hebat yang berjuang untuk negeri kita hingga akhir hayat.” jawab Aldo. 

“Sebetulnya sudah benar, tapi hanya perlu ditambahi. Kita harus bersyukur dilahirkan di Negara Indonesia dan sifat bersyukur yang harus kita buktikan adalah dengan semangat mencari ilmu. Oke, semua!” kata Pak guru.

Semua siswa serentak mengatakan “Siap, Pak guru!!”

“Baik, mata pelajaran hari selesai. Sampai bertemu minggu depan.”

“Berdiri!! Terima kasih pak guru.” ucap ketua kelas.

Semua anak serentak berdiri dan mengucapkan “Terima kasih, pak Guru”

“Sama-sama” ucap pak Guru.

Pembelajaran pun sudah berakhir dan anak-anak berhamburan keluar kelas untuk pulang.

Tamat.

Demikianlah cerita pendek singkat tentang hari kemerdekaan Republik Indonesia yang semoga dapat menjadi inspirasi untukmu.

Baca juga :

Rio Ve
Rio Ve Ikatlah ilmu dengan menulis

Posting Komentar untuk "Contoh Cerpen tentang Hari Kemerdekaan"