Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membuat Cerpen tentang Diri Sendiri

Berikut ini kami bagikan tips cara membuat cerpen tentang diri sendiri secara praktis agar Anda lebih mudah memahaminya. 

Seperti misalnya cerita yang akan ditulis sebaiknya digali berdasarkan pengalaman pribadi atau pengalaman orang lain kemudian dibuat sedikit dramatisir.

Cara membuat cerpen tentang diri sendiri

Cara membuat cerpen tentang diri sendiri

Namun sebelumnya, sebaiknya ketahui terlebih dahulu beberapa syarat/aturan bagaimana cara membuat cerita pendek tersebut, antara lain sebagai berikut:

#Syarat Penulisan Cerpen:

  • Harus Hindari narasi yang bersifat verbal dan menggurui.
  • Isi harus padat.
  • Jangan bertele-tele, harus lugas.
  • Harus jelas dan fokus pada konflik yang diangkat hingga pembaca bisa memahami apa yang hendak disampaikan penulis.
  • Hindari penggunaan kata yang tidak ekonomis.
  • Perhatikan aspek dalam menulis
  • Menjelaskan penokohan harus jelas
  • Jika terjadi perubahan sudut pandang, usahakan pembaca bisa memahaminya.

#Kerangka Cerpen:

1. Observasi

Observasi atau sebuah pengamatan merupakan langkah penting dalam membuat cerpen tentang diri sendiri. Observasi ini bisa dilakukan secara langsung, yaitu dengan mengamati peristiwa disekitar kita dan pilih satu subjek untuk dijadikan tokoh dalam cerpen.

Selain ada observasi secara langsung, penulis juga bisa mengingat kejadian yang dilakukan oleh orang lain sehingga dapat diangkat sebagai cerpen.

2. Tentukan Tema dan Judul

Tema merupakan sebuah ide cerpen yang biasanya diperoleh dari hasil pengamatan. Untuk membuat sebuah cerpen tenteng diri sendiri, pilihlah tema yang menarik. Contoh tema seperti sosial-budaya, olahraga, dan lain sebagainya.

3. Tentukan Latar

Latar dibuat berdasarkan tema yang dipilih. Latar pada sebuah cerita terdiri dari latar tempat, waktu, dan suasana.

4. Tentukan Tokoh

Tokoh dalam menulis sebuah cerita itu sangat penting. Tokoh merupakan sebuah alat penyampaian masalah yang ingin disampaikan penulis. 

Tokoh cerita biasanya ditentukan berdasarkan pengamatan langsung atau mendengar dari orang lain. Dalam menentukan tokoh disertai juga dengan penentuan sifat dan karakter dari tokoh cerita.

5. Konflik

Konflik merupakan sebuah pertentangan dalam sebuah cerpen yang membutuhkan penyelesaian. Tanpa adanya konflik, cerpen tentang diri sendiri juga akan monoton. 

Oleh karena itu pilihlah konflik yang paling menarik, karena dalam menulis sebuah cerpen hanya terdapat konflik yang ditemukan titik penyelesaiannya.

6. Tentukan Sudut Pandang

Sudut pandang merupakan sebuah cara yang digunakan oleh penulis dalam penyajian tokoh, latar, tindakan, dan kejadian yang membentuk cerita dalam sebuah cerita.

7. Tentukan Alur

Membuat cerpen tentang diri sendiri juga harus menentukan alur. Pilihlah alur yang tidak membuat jenuh pembaca, biasanya dalam cerpen terdapat tiga macam alur, yaitu alur maju, mundur, dan campuran.

#Struktur Cerpen

1. Orientasi

Bagian awal dalam struktur cerpen tentang diri sendiri adalah orientasi. Orientasi berisi pengenalan latar cerita, yaitu ruang, waktu, dan suasana terjadinya peristiwa dalam cerpen.

2. Komplikasi

Komplikasi merupakan urutan kejadian dalam sebuah cerpen. Kejadian akan berhubungan dengan sebab akibat yang terjadi dalam cerita. 

Kejadian ini juga akan memunculkan beberapa konflik dan pada akhirnya, konflik akan mengarah pada klimaks, yaitu saat cerita mencapai tingkat intensitas tertinggi .

3. Resolusi

Pada bagian resolusi dalam cerpen ini, penulis akan menceritakan penyelesaian dari konflik yang dialami tokoh.

Baca juga: Cerita pendek kegiatan sehari hari di Rumah

Penutup

Menulis cerpen tentang diri sendiri itu hal yang mudah bagi pemula, karena ada banyak sekali pengalaman hidup yang Anda rasakan dan alami.

Demikianlah langkah-langkah cara membuat cerpen tentang diri sendiri yang dapat kami sampaikan pada kesempatan kali ini. Jika ada hal-hal yang perlu ditanyakan, kami akan selalu menjawabnya di kolom komentar.

Baca juga :

Rio Ve
Rio Ve Ikatlah ilmu dengan menulis

Posting Komentar untuk "Cara Membuat Cerpen tentang Diri Sendiri"