Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Novel Singkat tentang Pendidikan

Kali kita akan membahas contoh novel singkat tentang pendidikan yang telah kami pilih untuk Anda. Beberapa di antaranya mungkin sudah tak asing karena telah di angkat menjadi salah satu film layar lebar yang populer.

Bagi Anda mungkin bisa jadi bahan bacaan yang tepat untuk menghibur diri saat sedang jenuh terhadap banyaknya pekerjaan atau hiruk pikuk aktifitas lain. Berikut selengkapnya.

Contoh Novel Singkat Tentang Pendidikan

1. Laskar Pelangi

contoh novel singkat tentang pendidikan

Novel ini bercerita tentang sebuah persahabatan 10 anak Desa Gantung yang mengejar ilmu dengan ikhlas meski mereka memiliki keterbatasan. Dalam novel ini ada seorang guru idaman yang Bernama Ibu Muslimah, Ikal dan teman-temannya belajar tentang persahabatan dan nilai-nilai yang baik dalam kehidupan. 

Novel ini merupakan cerita seri pertama dari Tetralogo Laskar Pelangi karya Andrea Hirata yang mengarah pada pendidikan di pelosok Indonesia yang jauh dari kata mapan.

2. Sekolah Anak-Anak Juara

Novel singkat yang kedua ini merupakan novel yang berhasil menggugat sistem pendidikan Indonesia yang hanya menakar kecerdasan berdasarkan nilai diatas sebuah kertas putih. 

Dalam novel ini menunjukkan sebuah metode pembelajaran yang baik dan berkualitas dengan gaya ringan dan mudah dipahami.

3. 9 Matahari

Novel ini berkisah tentang seorang Matari Anas yang berasal dari keluarga yang kekurangan. Matari ini merupakan anak yang terlahir dari impitan ekonomi yang serba kekurangan hingga ia tertinggal dalam mengejar pendidikan.

Ketika ia menginjak perguruan tinggi, ia telah menjadi mahasiswi yang berusia lebih tua daripada teman-teman seangkatannya. Namun, itu tidak membuat Matari mundur untuk mengapai cita-citanya. Ia semakin ingin menunjukkan kemampuan dirinya kepada orang lain.

4. Sekolah Rimba

Novel ini berkisah tentang seorang Butet Manurung yang memilih untuk melawan arus kehidupannya. Ia telah menyelesaikan study di Universitas Padjajaran dan bergabung dalam WARSI dan membuat sekolah rintisan untuk suku anak dalam di hutan bukit.

Program yang dibuat oleh butet akhirnya menjadi cikal bakal sebuah penduduk daerah terpencil di Indonesia.

Setelah menjadi pengajar yang baik, sekaligus menjadi aktivis daerah, Butet telah berhasil meraih sebuah penghargaan internasional, yaitu Man and Biosphere Award dari UNESCO, Hero of Asia dari sebuah Majalah TIME, Ashoka Fellow, Asia Young Leader, dan masih banyak lagi penghargaan yang diterima butet selama prosesnya.

5. Botchan

Novel ini berkisah tentang seorang guru Bernama Botchan yang dari kecil sering terlihat banyak masalah akibat sifatnya. Semua keluarganya juga tidak ada yang bisa mengerti perilaku Botchan. Hanya temannya yang beranama Kiyo yang mampu melihat Botcan secara utuh dengan sifat manusianya.

Ketika Botcan memutuskan untuk mengajar, hanya Kiyo yang datang untuk memberikan sebuah dukungan penuh. Namun, sifatnya yang terlalu bar-bar dan terbuka membuat kebiasaannya malah mendatangkan berbagai masalah untuk diri Botchan.

Hingga pada akhirnya, Botchan memilih untuk mengikuti kata hatinya untuk menjadi seseorang yang palsu demi diterima di lingkungan sekitar daripada menjadi diri sendiri malah membuat sengsara dirinya dan juga lingkungan sekitarnya.

Baca juga : Kata-kata perjuangan kuliah sampai Wisuda.

Itulah beberapa contoh novel singkat tentang pendidikan yang patut Anda baca sebagai referensi sekolah atau lainnya.

Artikel ini di tulis oleh Umi Riadatul Munasaroh, seorang penulis yang sedang menempuh pendidikan tinggi di salah satu kampus ternama.

Baca juga tulisan menarik lainnya :

Rio Ve
Rio Ve Ikatlah ilmu dengan menulis

Posting Komentar untuk "Contoh Novel Singkat tentang Pendidikan"