Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Dari Manakah Modal Usaha dari Toko Kelontong ?

Setelah menyusun beberapa konsep, tentunya Anda juga harus memikirkan dari manakah modal usaha dari toko kelontong.

Modal usaha menjadi salah satu perihal utama yang harus dipikirkan sebelum membangun suatu bisnis. Begitu juga jika Anda ingin membuka toko kelontong yang pasti membutuhkan modal yang tidak sedikit.

Nah, di sini akan dibahas lebih detail agar Anda lebih mudah dalam memahaminya. Berikut selengkapnya.

Dari manakah modal usaha dari toko kelontong ?

dari manakah modal usaha dari toko kelontong


1. Tabungan

Kelebihan menggunakan modal sendiri atau tabungan pribadi adalah tidak pusing memikirkan perihal biaya bunga dan tidak bergantung kepada pihak lain.

Jika sudah memiliki konsep yang cukup matang, maka tabungan dapat menjadi sumber modal dalam usaha toko kelontong. Sebaiknya, gunakan skala prioritas agar Anda tidak salah langkah.

Misalnya, ambil dari setengah tabungan yang Anda miliki saat ini dan simpan setengahnya untuk antisipasi jika terjadi sesuatu hal pada usaha toko kelontong Anda di masa yang akan datang.

2. Pinjam ke Orang Terdekat

Modal usaha yang selanjutnya bisa berasal dari pinjaman uang dari orang terdekat, seperti teman, keluarga, atau kerabat karib lainnya. Tetapi, jika sudah memutuskan untuk meminjam uang kepada mereka sebagai modal usaha, Anda juga harus memastikan waktu untuk mengembalikan uang tersebut.

Biasanya, jika tidak ada kepastian untuk mengembalikan uang yang dipinjam, itu akan membuat hubungan kekeluargaan Anda dengan orang terdekat menjadi renggang. 

Jadi, Anda harus bisa meyakinkan mereka bahwa Anda akan mengembalikan uang tersebut di waktu yang sudah di tentukan. Sebaiknya buatlah surat perjanjian yang diketahui oleh saksi untuk menghindari hal-hal yang tidak di inginkan.

3. Menjual atau Menggadaikan Aset

Jika Anda memiliki barang berharga yang bisa Anda jual, seperti motor, Laptop, Smartphone, Emas/perhiasan atau barang lainnya, maka itu bisa dimanfaatkan sebagai modal usaha toko kelontong.

Namun jika ragu karena tidak ingin menjualnya, mungkin menggadaikan barang tersebut bisa menjadi alternatif pilihan yang dapat dilakukan. 

Biasanya, emas dan kendaraan menjadi aset yang paling mudah ketika akan digunakan kembali. Baik itu pada penjualannya ataupun digunakan untuk digadaikan.

4. Mencari Partner

Selain untuk kepentingan modal usaha, bergabung bersama rekan bisnis juga berpotensi akan mendapatkan ide konsep toko yang bisa dikembangkan bersama dengan cepat. 

Namun, hal ini juga perlu dicatat, saat mencari rekan bisnis sebaiknya Anda harus mempunyai visi dan misi yang sama agar lebih mudah kedepannya.

Cobalah temui teman, sahabat atau siapapun yang pernah Anda kenal yang berpotensi bisa diajak kerjasama. Ada istilah, dengan menyambung silaturahmi maka rezeki akan lancar.

#Keuntungan dan Kelebihan Usaha Toko Kelontong

Berikut ini merupakan beberapa keuntungan yang akan didapat jika Anda mempunyai usaha toko atau warung kelontong:

  • Punya pendapatan rutin setiap hari 
  • Dapat dijadikan sebagai sumber penghasilan untuk kebutuhan harian
  • Jika sudah punya anak maka tidak terlalu pusing harus keluar anggaran besar untuk beli jajan setiap hari
  • Bisa dijadikan sebagai usaha sampingan maupun bisnis utama
  • Dengan berdagang maka Anda akan menjadi bos di perusahaan sendiri
  • Dapat memperoleh kekayaan jika usaha toko kelontong Anda maju dan sukses.

#Kerugian Bisnis Warung Kelontong

Berikut ini merupakan beberapa kelemahan dari usaha toko atau warung kelontong yang bisa saja menjadi kerugian sehingga patut untuk diperhitungkan:

  • Barang dagangan tidak semua laku dijual hingga kadaluarsa
  • Kurangnya waktu istirahat bagi pemilik toko (jika dijalankan sendiri tanpa karyawan)
  • Berpotensi rugi jika pembeli banyak yang hutang
  • Semakin banyak saingan seiring bertambahnya waktu
  • Persaingan harga akan terjadi antar toko meski jaraknya berdekatan
  • Resiko bangkrut bisa terjadi kapan saja jika manajemen keuangan Anda buruk
  • Dan lain sebagainya.

Penutup

Demikianlah pembahasan dari manakah modal usaha dari toko kelontong yang dapat kami bagikan pada artikel kali ini. Semoga dapat menjawab apa yang Anda butuhkan. 

Baca juga artikel terkait:

Rio Ve
Rio Ve Ikatlah ilmu dengan menulis

Posting Komentar untuk "Dari Manakah Modal Usaha dari Toko Kelontong ?"