Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Perbedaan Komitmen dan Pacaran dalam Hubungan, Jangan Salah Mengartikan!

Dalam artikel kali ini, kita akan membahas perbedaan komitmen dan pacaran agar kamu tak keliru dalam mengukur keseriusan hubungan.

Karena zaman sekarang hubungan antara laki-laki dan perempuan memiliki banyak nama, tergantung situasi dan tujuan dari masing-masing hubungan. Yang paling sering kita dengar adalah pacaran. 

Selain itu ada juga friend zone, teman tapi mesra, taaruf, sampai yang lebih serius, yaitu komitmen.

Perbedaan Komitmen dan Pacaran

perbedaan komitmen dan pacaran

Bagaimana cara menilai apakah hubunganmu dengan pacar memang serius atau hanya main-main? 

1. Keseriusan

Tanyakan pada dirimu apakah kamu serius dan mau dia menemanimu seumur hidup. Tanyakan juga padanya apakah dia ingin kamu jadi pasangan hidupnya.

Jangan hanya menilai dari sisi bahagia atau sisi baiknya. Pertimbangkan pula sisi buruknya. Apakah kalian siap apabila harus menghadapi masa sulit nanti? 

Apakah kalian mau berjuang bersama-sama menghadapi naik turunnya hidup dengan banyaknya cobaan?

2. Sikap kedewasaan dalam menghadapi masalah

Bagaimana reaksi kalian dalam menghadapi masalah? Seperti apa saat sedang marah? Apakah sudah bisa mengendalikan emosi secara dwasa? 

Kebanyakan orang yang berpacaran baru tahu sifat asli pasangan setelah menikah karena ketika pacaran, keduanya menutupi sisi buruk demi bisa tampil baik.

Dalam hal ini, dari pihak lelaki memang dituntut untuk lebih dwasa agar mampu meredam ketika terjadinya masalah dalam rumah tangga kelak.

3. Ketulusan

Kamu bisa menilai ketulusan dengan melihat seberapa dia rela berkorban untukmu tanpa berharap mendapat balasan. Pekalah terhadap gestur dan kata-katanya. 

Kadang ada orang yang hanya berpura-pura baik demi suatu tujuan yang ingin ia dapatkan. Setelah tujuannya tercapai, barulah muncul sifat aslinya.

Berhati-hatilah jika ada orang yang terlalu ramah atau terlalu baik meskipun dia gebetan/pacarmu. Biasanya, orang yang sikapnya terlalu berlebihan itu salah satu tanda bahwa sebenarnya berbeda dari aslinya.

#Arti Komitmen dalam Hubungan Pacaran

Komitmen adalah perjanjian atau kesanggupan seseorang untuk terikat pada orang lain atau suatu tugas melalui kontrak tertulis atau tidak tertulis. Dalam hubungan laki-laki dan perempuan, komitmen biasanya didasari oleh cinta dan ketertarikan yang kuat hingga membuat dua insan tidak lagi mencari atau berpaling ke lain hati.

Jika dalam sebuah hubungan sudah ada komitmen yang setara dari pihak laki-laki dan perempuan, keduanya akan merencanakan masa depan, termasuk di dalamnya kelanjutan hubungan mereka.

Biasanya, untuk menunjukkan keseriusan mereka yang berpacaran akan mulai merencanakan pertunangan lalu berlanjut ke pernikahan.

Jadi, komitmen adalah tindak lanjut dari pacaran. Tapi tidak selalu komitmen harus dimulai dengan berpacaran lebih dulu. Kadang ada orang yang ketika tertarik dengan lawan jenis langsung siap untuk berkomitmen demi menghindari hal-hal yang dilarang oleh agama. Jenis hubungan yang seperti ini sering dikenal dengan nama taaruf, yaitu mengenal calon pasangan untuk tujuan menikah.

#Arti Hubungan Pacaran

Pacaran adalah jenis hubungan yang dimulai ketika laki-laki dan perempuan saling mengungkapkan cinta atau ketertarikan satu sama lain. Dalam pacaran, sulit menilai apakah pacar kita serius ingin menjadikan kita pasangan seumur hidup atau hanya berniat main-main saja. 

Banyak laki-laki atau perempuan yang dipermainkan. Sudah telanjur cinta dan setia pada sang pacar, tapi berakhir ditinggal nikah dengan orang lain atau dikhianati dan diselingkuhi. 

Dalam praktiknya, banyak pula yang sudah menikah tapi tetap diselingkuhi karena status tak menjamin komitmen seseorang dalam hubungan. Perlu ikatan cinta yang kuat, prinsip yang tegas, serta kepribadian yang baik.

Jika kita memiliki hubungan dengan orang yang suka berbohong, belum selesai menghadapi diri dan emosinya sendiri, tentu dalam menjalin hubungan, sifat-sifat tersebut akan terbawa. 

Karena itu, penting sekali untuk memperbaiki diri terlebih dahulu. Lalu, jalinlah hubungan dengan orang yang benar-benar kita cintai, bukan hanya karena tertarik pada harta, jabatan, kecantikan atau ketampanan, yang sewaktu-waktu bisa hilang.

Penutup

Semoga kamu lebih dwasa setelah mengetahui perbedaan komitmen dan pacaran. Seriuslah dalam menjalin hubungan. Tak hanya karena ingin mengisi waktu atau ingin ditemani. Bersama seseorang yang benar-benar kamu sayangi dan menyayangimu bisa menjadikanmu manusia yang lebih baik.

Baca juga Artikel terkait:

Rio Ve
Rio Ve Ikatlah ilmu dengan menulis

Posting Komentar untuk "Perbedaan Komitmen dan Pacaran dalam Hubungan, Jangan Salah Mengartikan!"