Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mewujudkan Cita-Cita Menjadi Guru

Halo sobat blogku, kali ini saya akan berbagi cara mewujudkan cita-cita menjadi Guru. Semoga tulisan ini akan membuatmu lebih semangat dalam menggapai apa yang telah di impikan.

Menjadi seorang guru merupakan cita-cita mulia yang berguna bagi masyarakat nusa dan bangsa. Karena jasa guru, seorang murid bisa membaca, meraih pengetahuan hingga mendapatkan ilmu untuk mengarungi samudra kehidupan.

Cara Mewujudkan Cita-Cita Menjadi Guru

Cara Mewujudkan Cita-Cita Menjadi Guru

1. Tulis Cita-citamu dan tempel di Dinding Kamar

Percaya atau tidak, selama ini saya selalu melakukan menulis cita-citaku di kertas lalu menempelnya di dinding kamar.

Mulai dari ketika saya mempunyai cita-cita ingin punya helm bagus, bisa beli motor baru, bisa kuliah, hingga menikah. Semuanya saya tulis lengkap dengan target berapa tahun impian tersebut bisa terwujud.

Alhamdulillah, Tuhan mengabulkannya hingga semua cita-cita yang saya tulis tersebut dapat tercapai sesuai dengan target.

2. Kuasai salah satu Mata Pelajaran yang Paling disukai

Apabila saat ini kamu masih sekolah, cobalah untuk lebih menguasai salah satu mata pelajaran favoritmu. Entah itu olahraga, matematika, bahasa Inggris dan mata pelajaran lainnya.

Pilihlah salah satu mapel favorit yang paling kamu kuasai. Misalnya, jika kamu pandai berhitung maka ambillah pada mapel eksak dan begitu juga sebaliknya. Intinya fokus dan kembangkan pada bakatmu.

3. Kuliah di Jurusan Keguruan Sesuai Minat Bakat

Sebelum mengambil jurusan kuliah, sebaiknya pikirkan terlebih dahulu apakah kamu ingin menjadi guru di sekolah dasar, sekolah menengah atau kejuruan.

Apabila kamu ingin menjadi guru SD sebaiknya Ambillah jurusan kuliah PGSD. Untuk jenjang menengah seperti smp-sma hingga smk, ambilah jurusan di perguruan tinggi sesuai minat dan bakat mu.

Apabila ada kesempatan pilihlah kampus yang bonafit atau favorit. Tapi jika tidak memungkinkan karena masalah biaya atau lainnya wajib bagimu memilih kampus yang akreditasinya minimal B. Tentu A lebih baik.

4. Punya Figur Sosok Guru sebagai Panutan

Ketika kamu masih sekolah pasti ada salah satu guru yang menjadi idola atau panutanmu. Agar lebih mudah mewujudkan cita-citamu menjadi seorang guru, cobalah untuk menjadikan sosok Guru idolamu itu sebagai panutan dan sumber inspirasi.

Hal ini akan memacu semangatmu untuk meraih cita-cita menjadi lebih mudah. Jika perlu tirulah hal-hal yang dapat kamu ambil sebagai referensi untuk diterapkan. 

Entah itu karakternya, tutur katanya, atau gaya mengajarnya yang membuatmu menjadikan guru tersebut sebagai idola atau panutan mu.

5. Jangan mudah tergiur Pekerjaan lain

Ketika kamu masih kuliah biasanya ada saja orang yang menawari pekerjaan. Atau biasanya pada suatu kesempatan ada aja lowongan pekerjaan yang membuatmu tergiur. Disinilah godaan yang akan membuat cita-cita jadi seorang guru menjadi kendor.

Hal tersebut bisa terjadi karena jika kebetulan kamu menerima tawaran pekerjaan itu lalu ternyata kamu nyaman dengan pekerjaan tersebut.

Oleh sebab itu, sebaiknya fokuslah pada cita-citamu lalu berjuang dengan sebaik mungkin untuk mewujudkannya.

Itulah beberapa tips dan cara mewujudkan cita-cita menjadi guru yang dapat saya bagikan pada posting artikel kali ini. Semoga dapat menjadi referensi yang berguna ya..

Artikel terkait :

Rio Ve
Rio Ve Ikatlah ilmu dengan menulis

Posting Komentar untuk "Cara Mewujudkan Cita-Cita Menjadi Guru"