Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kenapa Video Youtube Tidak Ada yang Nonton ? Mungkin ini Penyebabnya

Ada banyak faktor kenapa video YouTube tidak ada yang nonton. Hal itu bisa terjadi karena konten yang Anda buat kurang menarik, judul atau tumbnail yang kurang tepat dan lain sebagainya.

Agar bisa mengetahui dengan cepat kenapa hal itu terjadi, maka perlu mencari penyebabnya dimulai dari langkah yang tepat.

Pada artikel ini, saya akan berbagi tips untuk mengatasi permasalahan tersebut sesuai dari pengalaman pribadi. Berikut selengkapnya.

Penyebab Kenapa Video Youtube tidak Ada yang Nonton

Kenapa Video Youtube Tidak Ada Yang Nonton


1. Salah Mengisi Judul Video

Apabila konten video anda adalah jenis video panjang, maka anda harus menggunakan judul yang tepat. Seperti misalnya ketika anda membuat video tutorial cara menghasilkan uang dari youTube short.

Pastikan bahwa judul video itu menggambarkan atau sekilas berisi langkah-langkah beserta tips dari mulai awal membangun channel sampai menghasilkan uang.
 
Jadi apabila orang lain melihat judul video anda sekilas saja langsung tertarik untuk mengklik videonya. Jika perlu, tambahkan sedikit bumbu kata-kata yang menggoda seperti cara cepat atau cara mudah dan lain sebagainya.

Jangan sampai Anda menggunakan judul video yang tidak sesuai dengan maksud pencarian penonton. 

2. Tumbnail kurang menarik

Selain judul, thumbnail juga salah satu faktor penting orang mengklik video anda. Penggunaan thumbnail yang tepat akan memperbesar rasio klik tayang (RKT) video.

Sebaiknya gunakan komposisi tulisan dan gambar yang yang simple, menarik dan mudah terlihat. Hindari huruf yang susah dibaca dan gambar yang blur.

Untuk menemukan ide thumbnail video anda, cobalah cari channel YouTube yang mirip dengan kategori atau konten yang anda buat.

Setelah itu pilih thumbnail mana yang menurut anda paling menarik di sana. Lalu, amati tiru dan modifikasi sesuai dengan ciri khas channel youTube anda.

3. Kualitas gambar video atau editing yang kurang maksimal

Apabila anda youtuber pemula, usahakan minimal sudah mempunyai perangkat dengan kualitas video yang jelas atau HD. Meskipun hanya bermodal Smartphone saja.

Karena rasanya, tidak mungkin ada orang yang mau melihat video yang tidak jelas atau pecah-pecah kualitas gambarnya.

Selain itu pastikan anda mengedit video anda sebelum diupload ke YouTube. Buang bagian-bagian yang akan berpotensi membuat penonton mensekipnya.

Seperti misalnya intro lebih dari 5 detik, kata-kata atau kalimat bertele-tele dan sejenisnya. Usahakan 10 detik pertama pada video anda berisi hook atau pancingan yang langsung menarik perhatian penonton agar tetap stay di video anda.

4. Sudah banyak Video sejenis di Youtube yang menjawab maksud pencarian User

Membuat video sejenis yang telah viral di YouTube memang berpotensi mendapatkan view yang banyak. 

Akan tetapi, apabila mayoritas video yang ada di YouTube telah menjawab maksud pencarian user atau pengguna maka sebaiknya hindari untuk membuat video yang sama.

Kecuali jika Anda orang terkenal atau mampu membuat video sejenis yang lebih menarik dan menghasilkan nuansa baru yang lebih sempurna.

5. Trends minat penonton berubah

Salah satu jenis konten yang harus anda ketahui ada yang namanya trends atau content musiman. Misalnya saat musim libur Telah Tiba biasanya video review tentang wisata dan sejenisnya akan banyak dicari penonton.

Begitupun dengan jenis konten video yang lain pasti ada masanya tersendiri. Kecuali konten evergreen atau Abadi. Contohnya, cara isi pulsa, cara servis HP dan lain sebagainya yang banyak dicari orang setiap waktu dan selamanya.

Setelah Anda mengetahui beberapa penyebab kenapa video YouTube tidak ada yang nonton seperti yang telah saya bagikan di atas, sebaiknya periksa kembali channel youtube Anda. Segera benahi jika menurut Anda ada sesuatu yang salah atau kurang pas pada video yang Anda buat.

Artikel terkait :

Rio Ve
Rio Ve Ikatlah ilmu dengan menulis

Posting Komentar untuk "Kenapa Video Youtube Tidak Ada yang Nonton ? Mungkin ini Penyebabnya"