Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Waktu yang Tepat Membeli Motor Bekas

Ada beberapa waktu yang tepat membeli motor bekas yang akan saya bagikan pada artikel ini. Meskipun mungkin tabungan anda saat ini sudah cukup, tapi sebaiknya jangan terburu-buru agar tidak menyesal di kemudian hari.

Apalagi yang namanya barang second itu pasti ada saja sisi minusnya. Kecuali jika anda kenal dengan pemakai atau pemilik motor sebelumnya yang telah terjamin perawatannya.

Oleh sebab itu ketahui apa saja yang harus diperhatikan saat memutuskan membeli motor bekas serta kapan waktu yang tepat. Simak selengkapnya dibawah ini..

Waktu yang Tepat Membeli Motor Bekas

waktu yang tepat membeli motor bekas

1. Menjelang akhir tahun

Produsen kendaraan biasanya siap meluncurkan unit terbaru menjelang atau setelah momen pergantian tahun baru. Sehingga, produk unit motor lama yang sulit terjual atau yang modelnya sudah kurang diminati biasanya akan mengalami penurunan harga.

Hal ini terjadi karena minat masyarakat cenderung lebih menyukai motor dengan keluaran terbaru dibandingkan model yang lama. Oleh sebab itu, jika Anda berniat membeli motor bekas mungkin bisa mulai menabung dari sekarang hingga waktu tersebut tiba.

2. Sebelum bulan ramadhan

Waktu yang tepat selanjutnya yaitu sebelum bulan Ramadan tiba. Karena biasanya, pada momen bulan puasa harga motor bekas sudah mulai naik dan semakin mahal ketika mendekati hari raya Idul Fitri.

Ditambah dengan minat beli masyarakat indonesia terhadap motor baru ataupun bekas di momen lebaran meningkat pesat. Jadi, jika budget anda pas-pasan maka jangan ikut-ikutan yang lain pada beli motor sesaat sebelum lebaran tiba.

3. Sudah memiliki tabungan yang cukup

Apabila anda sangat membutuhkan kendaraan untuk aktivitas sehari- hari dan tabungan sudah cukup, mungkin pergi ke dealer motor bekas bisa menjadi solusi. Karena, di sana ada banyak pilihan sesuai budget anda.

Namun pastikan bahwa anda sudah mengetahui apa saja resikonya seperti yang telah saya bahas pada artikel sebelumnya. Baca selengkapnya: Plus minus membeli motor bekas di Showroom.

4. Jika sabar, tunggu sampai turun harga

Setiap tahun biasanya harga motor bekas cenderung mengalami penurunan harga yang signifikan. Kecuali untuk unit motor tertentu yang telah dianggap sebagai barang langka seperti vespa, RX King, astrea atau motor jadul lain yang kondisinya masih bagus. 

Nah, apabila anda sabar dan tidak dalam keadaan mendesak butuh banget motor, maka tunggulah hingga motor yang anda inginkan turun harga. Seperti yang telah kita bahas di atas, ada momen tertentu motor bekas harganya menjadi lebih murah.

Kesimpulan

Dari beberapa waktu yang tepat membeli motor bekas pada artikel ini sepenuhnya adalah opini dan saran dari penulis/admin blog. Jika anda tidak setuju dengan pernyataan di atas, tentu saya akan senang hati jika anda berkenan menambahkan waktu lain yang lebih tepat. Silahkan tinggalkan di kolom komentar agar saya bisa memperbaruinya.

Baca juga artikel terkait :

Rio Ve
Rio Ve Ikatlah ilmu dengan menulis

2 komentar untuk "Waktu yang Tepat Membeli Motor Bekas"

  1. bulan puasa motor pada naik ya, mungkin orang-orang pada beli motor buat mudik kali ya.
    Btw, kakak ipar saya juga jualan motor bekas tuh, sayang pas pandemi usahanya menurun banget

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo di masyarakat desa sini, motor menjadi sangat penting ketika menjelang lebaran. Ada yang memang buat mudik, tapi kebanyakan buat transportasi silaturahmi lebaran ke sanak saudara yang jaraknya cukup jauh.

      Hapus