Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Akibat Motor Matic tidak Dipanaskan

Memanaskan motor sebelum dipakai bertujuan agar oli mesin menyebar ke semua part mesin motor sehingga menjadikan pertautan antara komponen beserta part lain menjadi lebih presisi dan menjaga mesin tetap awet. Lantas, apa saja akibat motor matic jika tidak dipanaskan ?

Ada beberapa akibat pada motor metik baik itu tipe karbu maupun injeksi apabila tidak dipanaskan yang mungkin dampaknya akan terjadi dalam jangka waktu tertentu. Berikut penjelasan selengkapnya.

Akibat motor matic tidak dipanaskan

Akibat motor matic tidak dipanaskan

1. Dapat menyebabkan aki motor menjadi soak atau rusak

Belajar dari pengalaman beberapa teman yang aki motornya soak dan rusak karena tidak pernah di panaskan, dan itu terjadi bukan hanya pada 1 orang saja. Melainkan sering kali saya temui ketika sedang di luar. Entah itu pas lagi di bengkel atau di tempat lain.

Apalagi jika motor sudah lama tidak dipakai hingga sebulan atau lebih dan ketika akan di gunakan tidak dipanaskan terlebih dahulu, maka bisa dipastikan aki motor matic Anda tidak akan bertahan lama.

2. Terjadi kerusakan pada mesin dalam jangka waktu tertentu

Meskipun pada motor injeksi sudah diatur semua oleh Electronic Control Unit (ECU), mulai dari sistem kelistrikan, pengapian, hingga bahan bakar, namun sebaiknya tetap perlu dipanaskan. Agar Semua komponen tersebut dapat berfungsi dengan stabil dan baik.

Selain itu, oli pada motor perlu mengalir secara sempurna ke semua bagian dalam mesin sebelum digunakan untuk berkendara. Sehingga, apabila tidak dipanaskan terlebih dahulu maka beresiko mesin motor akan terjadi kerusakan dalam jangka waktu yang sulit di prediksi.

3. Performa motor kurang sempurna ketika dipakai berkendara

Seringkali saya temui cukup banyak motor matic yang brebet hingga tarikan gas nya kurang bertenaga ketika di pakai untuk perjalanan jauh. Setelah saya telusuri, ternyata salah satu penyebabnya adalah karena motor tersebut sangat jarang dipanaskan terlebih dahulu.

Terkadang, meski motornya telah berhari hari tidak di pakai, ketika menghidupkan langsung saja tarik gas dan otw jalan. Akibatnya, performa motor menjadi kurang maksimal seperti yang terjadi di atas.

#Cara memanaskan motor matic injeksi yang benar

Inilah langkah-langkah cara memanaskan motor matic beat injeksi yang benar berdasarkan pengalaman yang saya lakukan lebih dari 5 tahun, terbukti berhasil.
  1. Masukan kunci/kontak motor ke mode on
  2. Hidupkan menggunakan engkol agar aki motor lebih awet 
  3. Panaskan motor mulai dari 30 sampai 1 menit
  4. Jangan menarik tuas gas dengan cara menggebernya (biarkan saja langsam).

Believe it or not dengan cara yang saya lakukan tersebut, terbukti aki motor matic beat injeksi saya belum soak atau rusak meskipun telah bertahun tahun digunakan. Selain itu, kondisi mesin dan injeksi juga masih awet hingga sekarang.

Berikut ini merupakan beberapa persoalan terkait yang sering di tanyakan:

#Apa yang terjadi jika motor tidak dipanaskan ?

Ketika motor tidak digunakan selama beberapa waktu yang cukup lama, maka oli akan mengendap didasar mesin. Oleh sebab itu, maka perlu dipanaskan terlebih dahulu agar oli bisa naik dan mengalir ke seluruh bagian mesin dengan sempurna.

Apabila Anda memaksa memakai motor tanpa memanaskannya terlebih dahulu padahal kondisi motor telah lama tertidur, maka hal itu dapat menyebabkan kerusakan mesin dalam jangka panjang. 

#Apakah motor BeAT harus dipanaskan setiap hari ?

Dari pengalaman pribadi saya yang telah menggunakan motor beat injeksi dan juga tipe karbu hampir 6 tahun ini, saya hanya memanaskannya ketika akan di pakai saja.

Tetapi, apabila motor sudah seminggu tidak dipakai, maka akan saya panaskan meskipun tidak digunakan untuk bepergian. Jadi, sesuaikan dengan situasi dan kondisi masing-masing ya.

#Apakah memanaskan motor matic harus diengkol dulu ?

Selama ini saya selalu menggunakan engkol (kik starter) setiap kali menghidupkan/memanaskan motor. Hal ini sudah saya lakukan bahkan dari mulai menggunakan motor manual (smash, mega pro, dll) sejak lebih dari 10 tahun lalu hingga sampai saat ini ketika memakai metik.

Hasilnya, aki motor saya jadi lebih awet hingga bertahun-tahun pemakaian tanpa pernah rusak atau soak. Silahkan di coba jika aki motor Anda ingin awet ya.

Penutup

Demikianlah pembahasan tentang akibat motor matic apabila tidak dipanaskan sesuai dari pengalaman pribadi penulis serta dari beberapa sumber mekanik, bengkel langganan, dll. Semoga dapat bermanfaat bagi Anda yang selama mungkin penasaran atau hanya sekedar ingin tau saja.

Baca juga artikel terkait :
Rio Ve
Rio Ve Ikatlah ilmu dengan menulis

2 komentar untuk "Akibat Motor Matic tidak Dipanaskan"


  1. Kalo motor selama setahun tidak di panasin apa Saja yg harus di lihat jika kelistrikan tidak ada

    BalasHapus
    Balasan
    1. yang penting masih hidup motornya mas, dan bisa jalan jauh gak ada masalah

      Hapus